Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh

Keren! tiga agenda wisata Aceh masuk Kharisma Event Nusantara 2022

Kabar gembira datang dari dunia pariwisata Aceh. Tiga event wisata Aceh terpilih masuk program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.
14 Gampong di Aceh masuk 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022
Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno

POPULARITAS.COM – Kabar gembira datang dari dunia pariwisata Aceh. Tiga event wisata Aceh terpilih masuk program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Ketiga event tersebut yaitu, Festival Ramadhan, Aceh Culinary Festival dan Aceh Perkusi. Kabar tersebut diumumkan pada Peluncuran Kharisma Event Nusantara  2022 di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenparekraf, Jakarta, Selasa (1/3/2022).

“Alhamdulillah, tiga event wisata Aceh masuk dalam program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022. Bahkan satu event di antaranya, yaitu Aceh Culinary Festival (Festival Kuliner Aceh) masuk Top 10 KEN 2022,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisbudpar) Aceh, Jamaluddin di Banda Aceh, Rabu (2/3/2022).

Jamaluddin mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf yang telah memberikan kepercayaan lebih untuk pariwisata Aceh. Pasalnya, pada KEN tahun lalu hanya dua event wisata Aceh yang terpilih masuk tingkat nasional.

“Masuknya tiga event tersebut memberi dampak positif dalam memacu pemulihan ekonomi di bidang industri Parekraf di Aceh. Kita juga berharap dukungan penuh Kemenparekraf RI untuk terus mempromosikan event wisata Aceh ke depannya,” pungkasnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyebut KEN merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas.

KEN 2022 bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

“KEN 2022 ini adalah wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh Indonesia. Kami bangga sekarang kita menancapkan tongkat penting serta harapan baru bagi kebangkitan industri event tanah air, sekaligus juga mendukung keinginan Indonesia sebagai destinasi event,” kata Sandiaga.

Pada tahun ini, dari 319 usulan event dari 34 provinsi, setelah dikurasi pada akhirnya  terpilih 110 Kharisma Event Nusantara 2022 yang terdiri dari Top 10 KEN dan 100 Event KEN 2022.

“Saya ucapkan selamat kepada semua daerah di 34 provinsi dan kabupaten kota yang terpilih masuk ke dalam KEN 2022. Kemenparekraf siap membantu dalam program pendampingan, monitoring, konsultasi, dalam upaya event-event berkualitas pada saat penyelenggara ini bisa naik kelas,” ujar Sandiaga.

Sandiaga menilai, KEN 2022 menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional dan akan menjadi salah satu lokomotif Indonesia agar ekonomi masyarakat kembali bergerak.

KEN 2022 juga hadir untuk memberikan semangat agar pelaku ekonomi kreatif tetap optimistis dan senantiasa berinovasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi kenyamanan semua pihak.

“Kami berharap bahwa event-event yang masuk ke dalam KEN 2022 mampu memberikan semangat dan motivasi bagi para penyelenggara event di seluruh Indonesia. Bahwa, event dapat diselenggarakan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE) yang ketat dan disiplin, juga tetap berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dan aparat setempat,” ucapnya.

Shares: