EkonomiNews

Kerawang Gayo Masuk Nominasi API Award

Kerawang Gayo Masuk Nominasi API Award
Dokumentasi - Kerajinan Kerawang Gayo di Kampung Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. (ANTARA/HO)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kampung atau desa Kerawang Gayo Bebesen di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh masuk sebagai nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kasi Promosi Atraksi Wisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah, Taufiq mengatakan, kampung tersebut adalah Kampung Bebesen di Kecamatan Bebesen Aceh Tengah yang masuk nominasi untuk katagori sebagai destinasi belanja terpopuler.

“Polling akan dilaksanakan awal Agustus 2020 sampai 31 Desember 2020,” kata Taufiq, di Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu (25/7/2020) dilansir Antara.

Taufiq menjelaskan Kampung Kerawang Gayo Bebesen adalah pusat kerajinan berbagai produk bermotif Kerawang Gayo di Kabupaten Aceh Tengah.

Menurutnya, Kerawang Gayo merupakan motif jahitan khas tradisional Gayo yang melambangkan nilai-nilai adat dan budaya masyarakat di dataran tinggi Gayo.

Jahitan Kerawang Gayo, kata dia, biasanya dituangkan ke dalam berbagai produk kerajinan seperti tas, baju, sal, kopiah, sarung, dan lain sebagainya.

“Motif Kerawang Gayo sendiri telah diakui sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sejak tahun 2014,” kata Taufiq.

Namun yang menjadi ciri khasnya, menurut Taufiq, tentang kerajinan kain upuh ulen-ulen yaitu selembar kain berwarna dasar hitam dengan dipenuhi jahitan bermotif Kerawang Gayo sebagai lambang adat budaya tradisional masyarakat Gayo.

“Bagi masyarakat Gayo, kerawang melambangkan prinsip-prinsip budaya, agama, adat istiadat, dan kehidupan sosial di tengah masyarakat,” ujarnya.

Taufiq menuturkan, dengan masuknya Kampung Kerawang Gayo Bebesen di ajang pemilihan bergengsi API Award 2020 diharap dapat menjadi jembatan untuk terus mempromosikan destinasi wisata berbelanja ini ke dunia luar.

“Mari kita dukung terus Kampung Kerawang Gayo Bebesen untuk terpilih sebagai pemenang katagori destinasi belanja terpopuler di ajang API Award 2020 Wonderful Indonesia,” ujarnya.[acl]

Shares: