News

Kepatuhan Prokes Meningkat, Aceh Kembali ke Risiko Rendah Penularan Covid-19

Bertambah 15 orang, total 596 warga Aceh meninggal akibat covid-19
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG). Foto Humas Pemerintah Aceh

POPULARITAS.COM – Aceh menjadi zona risiko rendah peningkatan kasus Covid-19, kecuali Aceh Timur zona oranye. Sementara itu, pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh bertambah 141 orang, kasus baru 35 orang, dan data meninggal dunia bertambah 10 orang di Aceh.

“Kita sebut Aceh risiko rendah, karena 22 kabupaten/kota sudah zona kuning, tinggal Aceh Timur yang zona risiko sedang peningkatan kasus Covid-19 di Aceh,” tutur Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, Rabu (6/10/2021).

Ia menjelaskan, berdasarkan analisis data periode 27 September – 3 Oktober 2021 oleh Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, Aceh Tenggara dan Subulussalam yang sebelumnya zona oranye kini terkoreksi menjadi zona kuning. Sebaliknya, Aceh Timur yang sebelumnya kuning kini menjadi oranye.

Perubahan peta zonasi risiko tersebut tidak terlepas dari dinamika penanganan Pandemi Covid-19 di suatu daerah. Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Nasional melakukan analisis terhadap indikator epidemiologi, surveilance kesehatan masyarakat, dan indikator pelayanan kesehatan, dalam sepekan terakhir.

Menurutnya, dinamika penanganan Pandemi Covid-19 dalam pekan ini akan menentukan zona peta zonasi risiko Covid-19 yang diumumkan lagi minggu depan. Karena itu, lanjutnya, Satgas Penanganan Covid-19 Aceh dan kabupaten/kota kian sinergis melakukan kampanye Protokol Kesehatan dan gerakan vaksinasi Covid-19, hingga ke sekolah-sekolah di Aceh.

“Kita berharap Aceh Timur kembali menjadi zona kuning dan 22 kabupaten/kota zona kuning ada yang “naik kelas” menjadi zona hijau. Zona hijau merupakan zona yang dianggap aman dari transmisi dan penularan virus corona,” ujar Saifullah.

Selanjutnya ia melaporkan kasus kumulatif Covid-19 di Aceh sudah mencapai 37.950 orang, hingga 6 Oktober 2021. Pasien Covid-19 yang sedang dirawat tinggal 1.255 orang. Para penyintas Covid-19, (yang sudah sembuh) 34.713 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia secara kumulatif sudah sebanyak 1.982 orang.

Shares: