News

Kemenkop UKM Terima Dokumen Perencanaan KEK Halal Barsela

Kemenkop dan UKM Terima Dokumen Perencanaan KEK Barsela. (antara)

POPULARITAS.COM – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim menyerahkan dokumen perencanaan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Halal Barat-Selatan Aceh (Barsela) kepada Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia di Banda Aceh.

Kepala Bappeda Abdya, Firmansyah dihubungi, mengatakan, dokumen yang diserahkan bupati kepada pihak Kementerian tersebut berupa Master Plan, Studi Kelayakan, dan Analisis dampak lalulintas KEK Halal Barsela.

“Dokumen itu diserahkan  kepada Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM RI, Arif Rahman Hakim, dan disaksikan ketua umum Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI), Ilham Akbar Habibie,”ujar Firman seperti dilansir laman Antara, Rabu (16/6/2021).

baca: Forbes Aceh Dukung KEK Halal Barsela

Adapun Ketua umum ISMI pusat dan Seketaris Menteri Koperasi dan UKM RI berada di Provinsi Aceh dalam rangka menghadiri acara silaturahmi bisnis di Hermes Palace Hotel Banda Aceh.

Di sela-sela acara silaturahmi bisnis tersebut, bupati Akmal Ibrahim menyampaikan laporan terkait perkembangan perencanaan pembangunan KEK Halal Barsela di Teluk Surin, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Abdya.

“Pemkab Abdya sudah mempersiapkan diri dalam mewujudkan KEK Halal Barsela di Teluk Surin. Termasuk lahannya. Tanah untuk KEK Halal tersebut sudah bersetifikat atas nama Pemerintah Daerah,” ujar bupati Akmal.

Akmal juga menjelaskan bahwa sejumlah Kaputen/kota yang berada diwilayah Barat-Selatan Aceh atau Barsela, potensi utamanya pada sektor pertanian, kelautan, pertambangan dan sektor industri berbasis agro.

Sektor industri berbasis agro ini kata Akmal berkembang pesat di Barsela. Disamping memiliki lahan perkebunan kelapa sawit yang cukup luas. Ada juga 40 sampai 50 pabrik kelapa sawit yang beroperasi di wilayah Barsela.

“Kelemahan wilayah Barsela belum memiliki  pelabuhan yang representatif termasuk di Aceh.  Sehingga banyak hasil olahan sawit dan CPO termasuk cangkangnya terpaksa harus dikirim ke Medan melalui Belawan untuk diekspor,” ujar Akmal.

“Jadi, untuk menyelesaikan permasalahan itu kami sangat mengharapkan dukungan dari ISMI dan Kementrian Koperasi dan UKM serta pihak-pihak lain agar ikut bersama-sama mewujudkan KEK Halal Barsela ini,” demikian Akmal Ibrahim.

Shares: