HeadlineNews

Kemenhub Luncurkan e-SRUT dan BLUE

BANDA ACEH (popularitas.com) – Dalam upaya memberikan pelayanan kepada masayarakat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI meluncurkan sistem e-SRUT atau elektronik Sertifikat Registrasi Uji Tipe, serta BLUE atau Bukti Lulus Uji Elektronik.

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Uji Berkala  Kenderaan Bermotor Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat, Kemenhub RI, Buang Turasno, kepada media ini menjelaskan, tujuan penting keberadaan sistem ini adalah untuk menghindari praktek pemalsuan buku uji, serta percaloan uji berkala.

Menhub RI Budi Karya Sumadi menghadiri secara langsung peluncuran yang berlangsung di Jakarta pada Jumat, 23 Agustus 2019 tersebut.

“Saat menghadiri launching E-SRUT dan BLUE, Menhub Budi Karya, secara langsung melakukan uji coba kedua sistem layanan berbasis aplikasi tersebut,” ujar Mas Be, sapaan karib Buang Turasno, yang pernah menjabat sebagai kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Aceh.

Selain itu, sambung Mas Be, acara itu juga dihadiri pihak Korlantas Mabes Polri, pejabat eselon I Kemenhub RI, serta tamu undangan, seperti Jasa Raharja dan Kadis Perhubungan dari seluruh provinsi serta dari kabupaten dan kota di Indonesia.

Saat ini, sebutnya, penerapan sistem BLUE sudah diterapkan serta terintegrasi di 38 kabupaten dan kota, serta di tujuh provinsi.

Dan kedepannya, kata Mas Be, pihaknya akan terus membangun sistem ini, sehingga dapat diterapkan di seluruh wilayah Indonesia.

Keberadaan aplikasi ini juga bagian dari kebijakan Presiden RI, Joko Widodo, yang menekankan pentingnya aspek kemudahan dan penyederhanaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan berbasis pada pemanfaatan teknologi.* (SKY)

Shares: