Kemendagri minta Pemkab Aceh Besar perkuat peran BPPD dan Satpol PP&WH

POPULARITAS.COM – Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI minta Pemkab Aceh Besar, untuk perkuat peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) dan juga keberadaan Satpol PP dan WH di wilyah tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Dirjen Bina Administrasi Wilayah (Bina Adwil) Kemendagri RI, DR Safrizal ZA, saat bertemu dengan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, Kamis (28/7/2022) di Jakarta.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, dalam keterangannya mengatakan, saat bertemu dengan Dirjen Adwil Kemendagri, dirinya memaparkan ragam potensi yang dimiliki daerah itu, dan langkah yang akan dilakukannya untuk tingkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dirjen Adwil juga secara khusus meminta dirinya untuk memperkuat peranan BPPB dan Satpol PP dan WH, serta pemanfaatan dana dekonsentrasi, dan juga tugas pembantuan.

Muhammad Iswanto mengungkapkan, lewat pertemuan itu, Dirjen Adwil nyatakan dukungannya untuk perkuat peran BPPB dan juga Satpol PP dan WH, dan berkomitmen membantu kedua instansi itu melalui mekanisme tugas dekonsentrasi.

Lebihlanjut Muhammad Iswanto menjelaskan, dalam pertemuan keduanya, dibahas tentang pembentukan relawan pemadam kebakaran (damkar). Hal serupa telah dikukuhkan di Pontianak, Kalimantan Barat.

Menyahuti permintaan Dirjen Adwil Kemendagri itu, sambung Iswanto lagi, pihaknya segera akan membentuk relawan Damkar di Aceh Besar. Kebutuhan akan hal tersebut didasarkan pada pertimbangan, kabupaten yang berbatasan dengan Kota Banda Aceh milliki hutan dan lahan yang cukup besar, sehingga potensi kebakaran sangat tinggi.

Nantinya relawan Damkar di Aceh Besar, akan jadi Garda terdepan dalam penanggulangan bencana kebakaran, dan juga berperan memberikan edukasi kepada masyarkat tentang mitigas dan resiko kebakaran.

Iswanto juga meminta dukungan Kemendagri RI untuk berikan dukungan berupa kerjasama dan pembinaan dalam peningkatan SDM BPPD dan Satpol PP dan WH di Aceh Besar.

 

Editor : Hendro Saky

Comments
Loading...