News

Kemenag Aceh sebarkan tim Safari Ramadhan ke 23 kab/kota

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh menggelar Safari Ramadhan 1443 H ke 23 Kabupaten/kota se-Aceh.
Menteri Agama Lantik Iqbal Sebagai Kakanwil Kemenag Aceh
Kakanwil Kemenag Aceh, Iqbal (kanan). Foto direkam Juli 2020. (Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh menggelar Safari Ramadhan 1443 H ke 23 kabupaten/kota se-Aceh.

Kegiatan yang akan dimulai 5 Ramadhan hingga 17 Ramadhan itu, dalam rangka menyemarakkan dan menyiarkan Islam hingga ke daerah di bulan suci.

Kakanwil Kemenag Aceh, Iqbal mengatakan, pihaknya telah membentuk tim dan akan segera bertugas ke daerah yang telah ditentukan masing-masing dengan melakukan koordinasi panitia masjid ke lokasi yang dikunjungi.

“Kita ikut menyemarakkan dan menyampaikan syiar Islam ke masyarakat pada bulan mulia ini, sehingga pengamalan dan ibadah dapat ditingkatkan,” kata Iqbal dalam keterangannya, Senin (4/4/2022)

Ia mengatakan, penyebaran kasus virus Corona mulai menurun, namun mesti tetap waspada. Sehingga pentingnya partisipasi pemerintah untuk melakukan sosialisasi upaya menjaga kesehatan bagi masyarakat dan hadir langsung bersama masyarakat.

“Dengan sehat, insyaAllah puasa dapat dijalankan dengan baik dan berkualitas, meskipun pandemi namun ibadah juga harus tetap berjalan, dan semoga Allah limpahkan keberkahan kepada kita di bulan penuh berkah,” katanya.

Iqbal mengajak semua pihak menjadikan momen Ramadhan ini dengan meningkatkan amal ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah, sehingga gelar orang-orang yang bertaqwa dapat diraih.

“Mari semarakkan bulan suci Ramadhan dengan memperbanyak ibadah seperti berzikir dan membaca al-qur’an, memperbanyak zakat wakaf dan infaq,” katanya.

Ia menyebutkan di bulan suci Ramadhan, iman menjadi penyempurna agama, orang yang memiliki keimanan tinggi mampu menjalankan ibadah puasa dengan sempurna.

‘’Orang yang beriman di bulan suci Ramadhan ini insya Allah akan mendapatkan ampunan dosa karena iman adalah penyempurna seluruh aktivitas keagamaan.”

“Sementara orang tanpa dilandasi iman dibulan yang suci ini, maka baginya masuk dalam kategori orang yang merugi artinya bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan lewat begitu saja, sehingga tidak mencapai suatu kemenangan dihari yang fitri,’’ katanya.

Karenanya, Iqbal mengajak tim yang ke lapangan untuk menyampaikan dakwah, informasi keagamaan ke masyarakat, dan sekaligus menyerap aspirasi yang berkembang.

Berikut Jadwal Safari Ramadhan Kanwil Kemenag Aceh yang tersebar di kabupaten/kota:

1. Tanggal 6 April: Aceh Timur, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Selatan, Subulussalam, Aceh Singkil;
2. Tanggal 11 April: Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Gayo Lues dan Aceh Tenggara;
3. Tanggal 14 April: Aceh Tengah dan Bener Meriah;
4. Tanggal 18 April: Pidie, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, dan Aceh Barat Daya.

Shares: