NewsParlementaria DPR Aceh

Kembangkan Wisata Aceh Selatan, Safaruddin Bangun Komunikasi ke Sandiaga Uno

Pantai di Aceh Selatan. (wisata.id)

POPULARITAS.COM – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Safaruddin mengatakan Aceh Selatan memiliki potensi wisata alam yang besar yang dapat dikembangkan, guna meningkatkan perekonomian dan menghidupkan usaha-usaha kecil masyarakat.

“Potensi alam di sini sangat besar. Lautnya indah, yang berhadapan dengan Samudera Hindia. Jika ini dikembangkan, tentu akan mendongkrak ekonomi-ekonomi masyarakat. Sektor-sektor usaha masyarakat akan hidup dan industri rumah tangga juga akan tumbuh,” kata Safaruddin dalam keterangannya, Selasa (6/4/2021).

Untuk itu, politisi kelahiran Aceh Barat Daya ini mendorong para kader-kader Gerindra Aceh Selatan yang telah diberikan amanah sebagai wakil rakyat (DPRK), untuk mendorong Pemkab Aceh Selatan menyusun rencana pengembangan wisata Aceh Selatan.

“Ada kader Gerindra yang menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Sandiaga Uno). Siapkan saja perencanaannya, jika dibutuhkan, saya akan bangun komunikasi dengan Pak Sandiaga Uno untuk fokus pengembangan wisata Aceh Selatan,” ungkapnya.

“Untuk melakukan hak yang besar, tentu perlu upaya yang besar. Ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, perlu sinergitas antara beberapa pihak dalam memperjuangkan ini nantinya,” tambah Safaruddin.

Selain mendorong pengembangan wisata, Safaruddin mengatakan dirinya juga akan mengupayakan sejumlah program pemberdayaan ekonomi masyarakat dan peningkatan sumber daya manusia (SDM), yang akan menjadi pokok-pokok pikirannya untuk diperjuangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) Tahun Anggaran 2022.

“Bukan hanya fisik yang kita kejar dalam membangun Aceh, tapi pemberdayaan ekonomi dan peningkatan SDM perlu dilakukan. Pokir saya tidak berpaku di infrastruktur, tapi menghidupkan sektor-sektor usaha masyaarakat (UMKM) dan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan SDM masyararakat,” tegasnya.

Safaruddin juga mengatakan, upaya-upaya yang dilakukannya dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat, bertujuan untuk mengatasi persoalan kemiskinan di Aceh.

“Walapupun tidak selesai seluruhnya, tapi setidaknya ada upaya pembenahan yang kita lakukan untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat Aceh,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Aceh Selatan yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi II DPRK Aceh Selatan, Hadi Surya, mengatakan dirinya akan menindaklanjuti rencana pengembangan wisata Aceh Selatan ini dan mendorong Pemkab Aceh Selatan untuk menyiapkan segala yang dibutuhkan untuk usulan ke kementerian nantinya.

“Rencana Induk Pariwisata Daerah (Riparda) Aceh Selatan juga sudah ada. Jadi tinggal disiapkan saja beberapa hal lain untuk usulan ke kementerian nantinya. Semoga saja ini bisa terwujud, guna menghidupkan sektor wisata di Aceh Selatan.

Shares: