Kelapa Sawit Berkontribusi Besar Bagi Ekonomi Aceh

POPULARITAS.COM – Kepala Bidang Perbenihan, Produksi, dan Perlindungan Perkebunan, Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh, Azanuddin Kurnia mengatakan, kelapa sawit saat ini merupakan tanaman komoditas yang berkontribusi besar bagi perekonomian Aceh.

Ia menjelaskan, secara nasional neraca perdagangan RI, konstribusi ekspor komoditas sawit menduduki peringkat satu, dibandingkan dengan sektor migas. Aceh sendiri, sumbangan sektor perkebunan sawit terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Aceh, menempati posisi kedua kontribusinya dibandingkan dengan sektor lainnya.

Dari 23 kabupaten dan kota di Aceh, terang Azanuddin yang juga merupakan ketua IKASEP Unsyiah ini, sepuluh wilayah menempatkan komoditi sawit sebagai produk andalan daerah, yakni, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Aceh Barat, dan Aceh Jaya.

Baca Juga:

Pemkab Aceh Tamiang Tebang Sawit untuk Relokasi Pasar Upah

Dari jumlah serapan tenaga kerja, sambung Azan, perkebunan rakyat di Aceh jumlah petani sekitar 832.118 Kepala Keluarga (KK) dan mampu menyerap tenaga kerja 684.155 orang/ha/tahun.

Dari jumlah tersebut petani kelapa sawit menduduki peringkat tiga jumlah petani di bawah petani kelapa  dan kakao, dengan jumlah petani kelapa sawit 127.787 KK dan menyerap tenaga kerja 114.115 org/ha/tahun atau masing – masing 15 persen dan 17 persen dari total jumlah petani dan penyerapan tenaga kerja.

Hal ini berarti, kata mantan pengurus KNPI Aceh ini, menunjukkan bahwa kelapa sawit masih diminati oleh masyarakat di Aceh. “Dan dari sektor perkebunan, kita masih memasukkan sawit ini salah satu komoditi unggulan di Aceh,” tutup Azan.

Reporter : Saky

Ucapan Pelantikan JMSI dari BPKA
Ucapan Pelantikan JMSI – Bank Aceh

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.