EkonomiNews

Kejar Ekspor, Aceh Kembangkan Program Tanam Padi Tiga Kali Setahun

Patut Dicontoh, Begini Konsep Pertanian Berkelanjutan Ala Petani AS
Petani sedang membajak sawah. (Antara)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pemerintah Aceh melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh mengembangkan program peningkatan indeks pertanaman padi atau dikenal IP300, yakni penanam padi tiga kali dalam setahun dengan tujuan agar bisa ekspor.

“Program pengembangan padi indeks pertanaman IP300 ini, program prioritas, kita akan tanam padi dalam setahun tiga kali,” kata Kabid Tanaman Pangan Distanbun Aceh Safrizal di Banda Aceh, Minggu, 12 Januari 2020.

Dia menjelaskan dalam program IP300 tersebut tentunya penanaman padi harus memperhatikan ketersediaan air yang cukup, kemudian juga menyangkut mekanisasi tanam, luas tanah, alat mesin pertanian serta penggunaan bibit unggul dan hal lain.

“Jadi ini percontohan istilahnya. Ini memotivasi masyarakat agar menambahkan indeks pertanaman, supaya tidak jeda atau tidak kosong (masa tanam), dengan tujuan kita bisa ekspor (padi),” katanya.

Tentu dalam pengembangan program tersebut, dia menyebutkan, pemerintah memperhatikan daerah-daerah yang memiliki potensi untuk dapat dilakukan penanaman padi tiga kali dalam setahun. Terdapat empat kabupaten yang telah ditentukan yakni Kabupaten Aceh Besar dengan luas lahan padi 500 hektare, Aceh Utara 500 hektare, Pidie Jaya 300 hektare, dan Aceh Barat Daya 300 hektare.

“Kita tentu lihat daerah yang potensial dalam program ini, artinya daerah yang punya ketersediaan air cukup, irigasi bagus, sehingga di musim tidak ada air daerah ini bisa tanam,” katanya. (ANT)

Shares: