Kebutuhan darah di RSUDZA sangat tinggi

POPULARITAS.COM – Kepala Ruang Instalasi Donor Darah RSUDZA, Mutia, menyebutkan, saat ini kebutuhan darah di rumah sakit milik Pemerintah Aceh itu sangat tinggi.

Kemarin saja, terang Mutia, ada sekitar 18 sukarelawan dari ASN yang mendonorkan darah, yang kemudian darah langsung dipakai oleh pasien thalasemia.

“Sudah ramai yang antre. Sekarang saja sudah ada 40 pendonor ASN, setengahnya sudah ada yang akan dipakai langsung,” kata Mutia dalam keterangannya, Jumat (13/5/2022).

Karena itu, pihak RSUDZA sangat berterimakasih kepada para ASN Pemerintah Aceh yang telah mendonorkan darahnya.

“Darah yang mereka berikan sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ujar Mutia.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Taqwallah berpesan agar jajaran RSUDZA, bisa memberikan layanan yang cepat kepada pendonor yang datang ke sana.

Hal itu disampaikan Taqwallah saat meninjau pelaksanaan donor darah di rumah sakit plat merah itu pada Jumat (13/5/2022).

“Pikirkan metode bagaimana mereka bisa dilayani dengan cepat. Juga cari ruangan permanen sebagai lokasi donor,” kata Taqwallah.

Dia menyebutkan, pelaksanaan donor darah di RSUDZA sangat ideal, karena bisa mempersingkat administrasi bagi pasien yang membutuhkan darah.

“Kelebihannya tentu darah bisa langsung dipakai setelah diolah, dan pastinya memperpendek prosedur,” kata Taqwallah.

Comments
Loading...