News

Kebun Sawit di Lahan Gambut Milik Warga Terbakar

Petugas kepolisian berusaha memadamkan api saat terjadinya kebakaran lahan kebun kelapa sawit di lahan gambut milik masyarakat di Desa Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. (FOTO ANTARA/HO-BPBD)

NAGAN RAYA (popularitas.com). Perkebunan kelapa sawit di lahan gambung milik warga seluas dua hekatare terbakar di Gampong Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya.

Penyabab kebakaran belum diketahui. Pihak kepolisian hingga sekarang masih bekerja menyelidi perkara tersebut.“Kami masih menyelidiki penyebab terbakarnya lahan gambut yang terdapat kebun kelapa sawit milik warga,” kata Kapolres Nagan Raya AKBP Risno diwakili Kapolsek Darul Makmur, Ipda Noca Tryananto Selasa (3/3/2020) dilansir antara.

Beruntung kobaran api tidak meluas setelah kebakaran tersebut ditangani oleh petugas gabungan yang terdiri atas TNI, kepolisian, BPBD serta dibantu oleh kalangan masyarakat sekitar.

Menurut dia upaya pemadaman ini dilakukan agar api tidak semakin membesar dan meluas karena saat ini sebagian besar wilayah Kabupaten Nagan Raya, sudah satu bulan terakhir dilanda kemarau.

Ia menambahkan, lokasi kebakaran tersebut merupakan lahan gambut sehingga upaya pemadaman api membutuhkan waktu yang lama.

Meski sudah berhasil dikendalikan, namun pihak kepolisian mengimbau masyarakat agar tidak membakar lahan karena saat ini cuaca panas dikkhawatirkan akan menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Kejadian kebakaran gambut ini diduga ada unsur kesengajaan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, namun kita masih terus menyelidikinya,” katanya.

Agar kasus tersebut tidak lagi terulang, sebut Noca, pihaknya bersama pemerintah daerah segera melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, sehingga karhutla tidak terjadi.[acl]

Shares: