News

Kawanan Gajah Liar Rusak Perkebunan Warga di Tangse

Ilustrasi, Kawanan Gajah Liar Rusak Perkebunan Warga di Tangse. (ist)

POPULARITAS.COM – Kawanan gajah liar merusak lahan perkebunan warga di perbukitan wilayah Gampong Beungga, Kecamatan Tangse, Pidie.

Kelompok satwa dilindungi berbadan besar dengan jumlah berkisar 30 ekor itu mulai memasuki lahan perkebunan dan merusak tanaman warga sejak Kamis (9/9/2021).

Keuchik Gampong Beungga, Kecamatan Tangse, Pidie Asnawi mengatakan, sejumlah tanaman pohon pinang, durian dan tanaman palawija itu di areal tersebut menjadi sasaran empuk gajah tersebut.

Bahkan, sejak Po Meurah sebutan lazim masyarakat Aceh untuk binatang berbadan besar mulai berkeliaran dan merusak tanaman warga itu, membuat dirinya meminta warga untuk terlebih dulu tidak berkebun.

“Warga disini, manyoritas petani dan pekebun, kita harap Po Meurah segera bisa digiring kembali ke hutan, agar perekonomian masyarakat berjalan normal kembali. Kami juga sudah lapor Camat, untuk koordinasi lebih lanjut,” kata Keuchik Beungga, Asnawi, Sabtu (11/9/2021)

Dalam upaya mengusir gajah dari lahan perkebunan, warga melakukan penggiringan secara manual dengan menggunakan petasan.

Sementara itu Camat Tangse, Irfan membenarkan, ada kawanan gajah liar berkeliaran di perkebunan warga di wilayah Gampong Beungga.

Bahkan, pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan Balai Konsevasi Sember Daya Alam (BKSDA) untuk dapat melakukan penggiringan gajah tersebut ke habitannya di pergunungan.

Editor: dani

Shares: