Kasus Difteri di Aceh Terbanyak Kedua di Indonesia

POPULARITAS.COM – Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri di Aceh dinyatakan terbesar ke dua di Indonesia. Hingga hari ini penyakit mematikan tersebut telah menyerang sebanyak 100 orang tahun 2017 dan tiga orang meninggal dunia.

Saat ini ada 11 pasein penderita suspect difteri sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh. Angka ini bertambah dari sebelumnya hanya 10 pasien yang diwarat di Ruang Respiratory High Care Unit (RHCU) dan ruang isolasi.

Pasien difteri yang dirawat di RSUZA terdiri dari sembilan anak-anak dan dua orang perempuan dewasa. Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan Medis RSUZA Banda Aceh, Dr dr Azharuddin, mengatakan bertambahnya angka pasien tersebut maka Aceh dinyatakan sebagai provinsi peringkat kedua terbanyak penderita terserang wabah difteri di Indonesia.  

“Sekarang Aceh mendapatkan peringkat kedua terbesar terkena Diteri,” kata Wadi RSUZA, Dr dr Azharuddin, Selasa (19/12/2017).

Sementara itu, pasien KLB Difteri akan menjalani masa perawatan selama 14 hari. Selama dirawat, pasien diberikan anti difteri dan antibiotik.  Katanya, semenjak 2017 dari 100 korban dinyatakan terserang difteri, 41 pasien diantaranya telah menjalani perawatan di RSUZA dan tiga di meninggal dunia.

“Kita berharap kasus ini tidak ada lagi di Aceh tapi malah sampai saat ini jumlah pasien suspect difteri malah bertambah,” ujarnya.[acl]

Reporter : Zuhri Noviandi

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.