News

Kasad Harap Kondisi Papua Kembali Pulih

BANDA ACEH (popularitas.com) – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa berharap situasi keamanan di Papua kembali pulih pasca demonstrasi yang dilakukan dari masyarakat.

Sejauh ini, sebut Andika, Papua sedang ditangani oleh Kodam Cendrawasih. Sebab merekalah yang mengetahui situasi di lapangan.

“Press release keterangan kan sudah dikeluarkan oleh Kodam Cendrawasih, mereka lah yang lebih tahu situasinya,” kata Andika Perkasa, saat kunjungan kerja ke Aceh, Kamis, 29 Agustus 2019.

Institusinya berharap, situasi di Papua akan kembali normal. Tidak terjadi lagi demontrasi masyarakat yang mengakibatkan pertumpahan darah.

“Yang jelas kita berharap (Papua) akan kembali normal,” ungkapnya.

Kunjungan KSAD tersebut ke Aceh, juga dalam rangka melihat kerja Kodam Iskandar Muda (Kodam IM), diantaranya pengumpulan senjata bekas konflik Aceh.

“Tadi hanya melihat hasil yang sudah dicapai oleh Kodam IM selama ini dan itu bagus sekali,”

Dia menyebut, pengembalian senjata bekas konflik yang masih disimpan masyarakat itu, bukan melalui operasi khusus, melainkan memang kesadaran masyarakat sendiri mengembalikannya ke pihak berwenang.

“Itu kan semua atas kesadaran. Paling bagus itu, karena kesadaran, bukan karena operasi yang memaksa,” pungkasnya.* (ASM)

Shares: