EdukasiNews

Karo Humas dan protokoler buka rakor kehumasan se-Aceh

Keterbukaan informasi publik di era digital dewasa ini membuat masyarakat begitu leluasa memantau setiap kebijakan dan program Pemerintah, sikap kritis kerap dilontarkan masyarakat pada setiap program yang dijalankan pemerintah. Situasi ini menuntut aparatur di lembaga Kehumasan bekerja lebih keras d menguasai teknologi informasi.
Karo Humas dan Protokoler Setda Aceh, Rahmad, saat membuka Rakor kehumasan se-Aceh, Rabu (5/9), di Banda Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) : Keterbukaan informasi publik di era digital dewasa ini membuat masyarakat begitu leluasa memantau setiap kebijakan dan program Pemerintah, sikap kritis kerap dilontarkan masyarakat pada setiap program yang dijalankan pemerintah. Situasi ini menuntut aparatur di lembaga Kehumasan bekerja lebih keras d menguasai teknologi informasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Rahmad Raden, saat membacakan sambutan Plh Sekretaris Daerah Aceh, pada pembukaan Rapat Koordinasi bidang Kehumasan Lembaga Pemerintah se-Aceh tahun 2018, di Grand Nanggroe Hotel, Selasa (6/9/2018) malam.

“Jangankan untuk hal-hal yang salah, untuk hal yang benar sekali pun terkadang kita kerap mendapat kritikan. Di sinilah peran humas sangat dibutuhkan sebagai jembatan yang mampu membangun hubungan yang harmonis antara pemerintah dan masyarakat,” ujar Rahmad.

Rahmad meyakini, dengan kinerja humas yang efektif, maka kebijakan pemerintah akan tersampaikan ke masyarakat dengan baik. Oleh karena itu, Rahmat berpesan agar aparatur di kehumasan dituntut lebih cerdas, peka dan kreatif dalam memberdayakan seluruh potensi yang ada, termasuk potensi dalam menggunakan teknologi informasi.

“Di zaman digital sekarang ini, informasi begitu cepat berkembang dan menyebar. Sesuatu yang viral di luar negeri, dengan cepat akan menjadi viral di daerah kita, begitu juga sebaliknya. Untuk itu, setiap personal humas harus mampu memanfaatkan perkembangan era digital ini dengan baik,” imbuh Rahmad.
Rahmad mencontohkan, kepopuleran Ustadz Abdul Somad di jagat maya merupakan bentuk kecerdasannya memanfaatkan teknologi informasi. Oleh karena itu, staf Humas dituntut untuk melakukan hal yang sama karena di era informasi digital saat ini, kemampuan memanfaatkan informasi digital adalah kunci utama dalam mempengaruhi pandangan publik.

“Aparatur Humas harus cerdas menangkap peluang ini. Oleh karena itu, pada Rakor ini, fokus pembahasan akan lebih banyak mengarah kepada Peranan Humas dalam era digital, sehingga tugas-tugas sosialisasi tentang Program Pemerintah kepada publik berjalan lebih mudah, efektif dan berdaya guna,” kata Rahmad. (SAKY)

Shares: