News

Kapal Rohingya di perairan Bireuen diisi BBM agar melanjutkan perjalanan ke Malaysia

 Tim gabungan Dit Polairud Polda Aceh, Polres Bireuen, TNI Aceh dan Pemerintah Kabupaten Bireuen memberikan bantuan BBM dan makanan ke kapal yang membawa Rohingya agar mereka melanjutkan perjalanan ke Malaysia.
Kapal Rohingya terpantau masuk perairan Aceh, nelayan diminta jangan ikut campur
Ilustrasi, nelayan temukan kapal yang diduga bawa Rohingya di sekitar perairan Bireuen, Minggu (26/12/2021). (Dok. Panglima Laot Aceh)

POPULARITAS.COM – Tim gabungan Dit Polairud Polda Aceh, Polres Bireuen, TNI AL dan Pemerintah Kabupaten Bireuen memberikan bantuan BBM dan makanan ke kapal yang membawa Rohingya agar mereka melanjutkan perjalanan ke Malaysia.

“Ini diberikan agar mereka melanjutkan perjalanan ke Malaysia sebagaimana rekom yang dimiliki sesuai informasi yang kita dapatkan serta juga sesuai keinginan para pengungsi tersebut,” kata Kabid Humas Polda Aceh saat dikonfirmasi, Selasa (28/12/2021).

Winardy menyampaikan bahwa Polda Aceh berkolaborasi dengan stakeholder lainnya hanya memonitoring pergerakan kapal pengungsi tersebut hingga perjalanan menuju Malaysia.

Dia belum mengetahui apakah perjalanan kapal tersebut akan dikawal oleh TNI AL atau tidak hingga menuju perbatasan Indonesia-Malaysia.

“Hal tersebut kita melihat urgensinya perlu tidaknya dikawal, kewenangan perjagaan perbatasan negara ada di TNI-AL. Sementara ini hasil rapat stakeholder adalah menyuplai BBM dan Makanan agar mereka bisa melanjutkan perjalanan ke Malaysia,” ucapnya.

Winardy mengatakan, Polda Aceh masih menunggu informasi apakah penyuplaian BBM dan makanan sudah dilakukan atau belum. Apabila kedua hal ini sudah dilakukan, maka kapal tersebut akan diminta meninggalkan Indonesia.

“Kita masih menunggu infomasi, penyuplaian tersebut sudah dilakukan apa belum, saya kira setelah selesai penyuplaian tentunya langsung melanjutkan perjalanan,” tutur Winardy.

Shares: