Kapal Pesiar MS Boudicca Singgah di Sabang

SABANG (popularitas.com) – Kapal Pesiar MS Boudicca singgah dan melakukan kunjungan wisata di Kota Sabang, Aceh, Sabtu, 30 November 2019.

Kapal berbendera Bahamas Nassau itu bertolak dari Phuket-Thailand membawa 543 orang wisatawan mancanegara dan 374 orang Crew, dijadwalkan bersandar selama delapan jam di Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Babas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS).

Kedatangan kapal pesiar membawa wisatawan itu disambut oleh Plt Wakil Kepala BPKS Sabang, Islamuddin ikut didampingi oleh Depui Komersil BPKS Agus Salim, Kepala Unit Manajemen Pelabuhan Zulkarnaini Abdullah, Kadis Parbud Kota Sabang.

Prosesi penyambutan juga disemarakkan dengan tarian tradisional Aceh ranup lampuan, dan tarian terlihat para wisatawan sangat mengagumi dan mengabadikannya budaya tarian tradisional Aceh.

Para wisatawan kemudian turun dari kapal dan menyusuri Kota Sabang menggunakan becak roda tiga dan mobil, sebagian ada juga yang berjalan kaki, mereka berkunjung ke sejumlah destinasi wisata bahari dan heritage.

“BPKS dan Pemerintah Kota Sabang berkomitmen dalam menargetkan kunjungan Cruise ke Sabang terus meningkat. Salah satunya dengan proaktif mempromosi detinasi Sabang ke sejumlah operator cruise, agar peningkatkan cruise tiap tahunnya terus bertambah,” kata Plt Wakil Kepala BPKS Islamuddin.

Islamuddin menambahkan untuk peningkatan kunjungan tersebut pihaknya juga beberapa waktu yang lalu telah melakukan pertemuan dengan para operator kapal pesiar. Saat pertemuan IMT-GT Cruise Operator Business Forum di Sabang pada 17 Oktober 2019 lalu yang di hadiri oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Lanjut Islamuddin, dari Januari 2019, sampai 30 Nopember 2019 sebanyak 8 kapal pesiar sudah bersandar di Sabang, Aceh. Delapan kapal tersebut antara lain: MS Seabourn Soujourn, MS Seven Saes Mariner, MS Silver Discoverer, MS Albatros dan MS Europa, MS Azamara Quest, MS Seabourn Encore, MS Boudicca, dan pada Desember 2019 akan masuk 2 kapal lagi yaitu MS Marella Discovery, dan MS Seabourn Ovation.

Serta di tahun 2020 sebanyak 8 (delapan) kapal pesiar sudah mendaftarkan diri akan masuk kesabang. “Kita harapkan akan bertambah lagi kapal yang akan masuk di tahun 2020 nantinya,” harapnya.

Sedangkan Kepala Unit Manajemen Pelabuhan Zulkarnaini Abdullah, mengatakan Kapal Pesiar MS Boudicca yang memiliki panjang 205 meter dengan lebar 25 Meter dan memiliki bobot 28.551 Gross Register Tonnage (GRT), akan sandar disabang selama 8 jam dan akan bertolak kembali menuju Singapore. (DRA)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat