News

Kapal dari Jeddah terbakar di Perairan Sabang

Kapal dari Jeddah terbakar di Perairan Sabang
Kapal dari Jeddah terbakar di Perairan Sabang. (Ist)

POPULARITAS.COM – Kapal kontainer Lisa Marie yang berlayar dari Jeddah, Arab Saudi tujuan ke Port Klang Malaysia terbakar di perairan Sabang pada Sabtu (16/4/2022).

Kepala Basarnas Banda Aceh, Budiono dalam keterangannya, Sabtu (16/4/2022) malam menjelaskan, kebakaran terjadi di salah satu muatan kapal, diduga akibat korsleting listrik.

“Kapal tersebut kemudian mengaktifkan signal distress (signal darurat) yang diterima oleh MRCC Port Klang Malaysia, informasi tersebut diteruskan ke Basarnas Banda Aceh untuk meminta bantuan pemadaman api,” ujar Budiono.

Setelah mendapat laporan, kata Budiono, sekira pukul 02.05 WIB Basarnas Banda Aceh melakukan precom dan excom ke SROP Sabang dan crew kapal tersebut.

Basarnas Banda Aceh kemudian meminta kapal tersebut untuk lebih mendekat ke pulau Sabang pada koordinat 05°59’566″ N – 095°12’420″ E.

Pukul 06.00 WIB, Tim SAR gabungan (KN Sar Kresna – 232 dan KN Selat Benggala) tiba di Kapal Lisa Marie pada koordinat 05°59’19.37″ N – 95°10’16.67″ E dan melakukan pengecekan serta memastikan kebakaran kapal sudah padam.

“Petugas juga memastikan kondisi seluruh ABK kapal tersebut dalam keadaan aman dan selamat,” ujar Budiono.

Dia menyebutkan bahwa sekitar pukul 07.00 WIB, Tim SAR gabungan selesai melakukan pengecekan dan memastikan terhadap Kapal Lisa Marie dalam keadaan aman.

“Pukul 07.20 WIB, Kapal Lisa Marie melakukan pelayaran kembali ke tujuan Port Klang, tim SAR gabungan kembali ke Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh,” ucapnya.

Shares: