Kapal Aceh Hebat 2 Tergenang Air Karena Saluran Tersumbat Sampah

POPULARITAS.COM – Sebuah video yang memperlihatkan air mengenangi kapal viral di media sosial sejak satu hari terakhir.

Belakangan diketahui, kapal yang tergenang air tersebut adalah Kapal Aceh Hebat II rute Banda Aceh-Sabang pada Jumat (25/6/2021) kemarin.

Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA menjelaskan, kapal Aceh hebat tergenang karena saluran pembuang air yang berada di dek kapal mengalami sumbat akibat sampah.

“Kenapa terjadi genangan air? karena ketika hujan, airnya memang masuk dek. Tetapi yang menjadi kendalanya adalah kebersihan, karena saluran itu tersumbat dengan sampah,” kata MTA saat dikonfirmasi, Sabtu (26/6/2021).

Ia menyebutkan, pasca viralnya video tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Aceh  Junaidi langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kapal dan ASDP sebagai pengelola kapal.

Dalam sidak itu, lanjut MTA, Junaidi meminta agar ASDP selalu memastikan agar kondisi kapal dalam keadaan bersih.

“Sudah ada penekanan bahwa ASDP sebagai pihak yang mengelola itu sesuai kontrak mereka dengan Pemerintah Aceh agar memperketat pengawasan terhadap kebersihan,” jelas MTA.

Menurut MTA, ASDP sendiri juga harus menekankan dan mensosialisasikan kepada para penumpang agar mereka menjaga kebersihan, terutama masalah sampah.

“Memang kendalanya cuma masalah sampah saja. Sekarang yang kita koordinasikan itu sudah disidak oleh Pak Kadis dan koordinasi dengan kita bahwa permasalahannya adalah bagaimana memperketat masalah kebersihan di kapal,” ucap MTA.

Editor: dani

Comments
Loading...