Kandidat Muscab Demokrat se-Aceh didominasi petahana

POPULARITAS.COM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Aceh akan menyelenggarakan Musyawarah Cabang (Muscab) gelombang ke dua secara serentak guna memilih Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) kabupaten/kota.

Kegiatan tersebut akan berlangsung di Banda Aceh pada Senin (7/3/2022) mendatang. Muscab gelombang ke dua ini akan diikuti oleh 10 DPC yaitu Aceh Tamiang, Bireuen.

Kemudian, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Subulussalam, Aceh Jaya, Nagan Raya, Gayo Lues, dan Simeulue.

Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat Aceh, Aidil Mashendra menyebutkan bahwa dari 10 DPC, hanya dua kabupaten yang terdapat dua orang bakal calon, yakni Aceh Tenggara dan Aceh Tamiang.

“Aceh Tenggara bakal calon dua-duanya kader terbaik Demokrat di sana, Aceh Tamiang satu incumbent dan satu kader terbaik di sana,” kata Aidil dalam keterangannya, Sabtu (5/3/2022).

Sementara delapan kabupaten lainnya, kata Aidil, hanya terdapat masing-masing satu bakal calon. Lima di antaranya diisi oleh incumbent (petahana) dan tiga pendatang baru.

“Aceh Tengah, Bireuen, Aceh Jaya diisi pemain baru, Subulussalam, Bener Meriah, Nagan Raya, Gayo Lues dan Simeulue diisi oleh incumbent,” sebut Aidil.

Aidil menjelaskan, 12 bakal calon tersebut nantinya akan ditetapkan sebagai calon ketua dalam Muscab Demokrat Aceh tahap ke dua. Calon ketua yang ditetapkan ini selanjutnya akan mengikuti fit and proper test yang dipimpin oleh tim 5.

“Tim lima terdiri dari Ketua Umum Partai Demokrat, Sekjend DPP, BPOKK DPP, Ketua DPD Demokrat Aceh dan Sekretaris DPD Demokrat Aceh,” tutur Aidil.

Comments
Loading...