Feature

Kala Nova Melepas Pasung Jamil Khairi

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah melepaskan pasung di kaki Jamil Khairi, salah seorang warga Aceh Utara yang terkena schizoprenia | Foto: Biro Humas

LHOKSUKON (popularitas.com) – Hari ini merupakan hari yang menggembirakan bagi Jamil Khairi. Rantai pasung yang selama ini melilit kakinya, dibuka oleh Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Selasa, 2 April 2019.

Selama ini, pemuda berusia 32 tahun itu dipasung dengan cara dirantai oleh keluarganya, di pondok di belakang rumah mereka, di Gampong Padang Sakti Kecamatan Muara Satu.

Kiban, ka sehat kan? (Bagaimana, sudah sehat kan?),” sapa Plt Gubernur singkat, setiba di gubuk tempat Jamil dipasung.

Ka sehat Pak Gubernur (sudah sehat pak Gubernur),” jawab Jamil datar.

Meunyoe ka sehat, senyum bacut. Salam komando le sigoe (kalau sudah sehat, senyum sedikit, mari kita salam komando),” ujar Nova, sembari menggenggam erat tangan Jamil Khairi.

Jamil Khairi merupakan anak dari pasangan Muhammad Nur dan Khadijah. Jamil didiagnosa mengidap schizoprenia atau gangguan yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, merasakan dan berperilaku dengan baik.

“Alhamdulillah, hari ini pasung yang membelenggu Jamil Khairi akan kita lepas,” ujar Plt Gubernur, sesaat sebelum membuka belenggu rantai di kaki Jamil Khairi.

Ka jeut Jamil beuh, lon hanjeut trep karena na kerja laen. Semangat beuh (baik Jamil, saya tidak bisa berlama-lama karena ada pekerjaan lain yang harus saya selesaikan. Semangat ya),” ujar Nova, sembari kembali melakukan salam komando bersama Jamil dan menuju ke lokasi acara lainnya.

Aceh Bebas Pasung merupakan salah satu program yang diusung oleh Pemerintah Aceh periode 2017-2022. Setelah pasung yang membelenggu kakinya dilepas, Jamil Khairi akan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banda Aceh untuk menjalani perawatan lebih lanjut. (ADV)

Shares: