NewsOlahraga

Kadispora Aceh buka kompetisi memanah ‘Target Day’

Sebanyak 74 atlet panahan utusan dari 16 kabupaten/kota di Provinsi Aceh berkompetisi dalam even yang bertajuk "Target Day" di lapangan panahan komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu.

BANDA ACEH (popularitas.com) : Sebanyak 74 atlet panahan utusan dari 16 kabupaten/kota di Provinsi Aceh berkompetisi dalam even yang bertajuk “Target Day” di lapangan panahan komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu.

Even panahan tersebut langsung dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Aceh yang baru dua hari dilantik, Darmansah, sekaligus mengawali tugas kedinasannya di bidang keolahragaan dan pemuda di tingkat Provinsi Aceh ini.

Darmansah menyatakan, pihaknya perlu dukungan dan pendapat semua kalangan terutama dari kalangan olahraga untuk memajukan prestasi olahraga Aceh.

Ia memberikan apresiasi pelakasanaan even target ini yang merupakan ajang evaluasi dari kegiatan latihan para atlet dalam program pembinaan prestasi.

Katanya, pelaksanaan program pembinaan untuk mencapai prestasi tidaklah semudah membalikan telapak tangan, tapi harus dengan perencanaan dan terukur.

Sebutnya, pembinaan terencana, terprogram dan terukur yang dilakukan Perpani Aceh bisa diikuti cabang lainnya untuk bangkit mencapai prestasi di tingkat nasional.

Ia menyatakan, Pemerintah Aceh melalui Dispora mendukung kegiatan program pembinaan cabang olahraga mencapai prestasi nasional.

Mendukung persiapan para atlet Aceh untuk menghadapi pekan olahraga nasional (PON) XX/2020 di Papua. Termasuk persiapan Aceh sebagai tuan rumah PON XXI/2024 bersama Sumatera Utara.

Para pemanah bersiap-siap membidik sasaran. (Foto Antara Aceh/Sudirman Mansyur)

Diharapkannya, pahanan Aceh bisa terus berprestasi di tingkat nasional dan international.

“Kalau di PON XIX/2016 di Jabar meraih satu medali emas, kita berharap panahan Aceh bisa meraih lima medali emas di PON Papua 2020,” pintanya.

Disebutkannya, dalam 15 program unggulan yang disebut program “Aceh Teuga” Pemerintah Aceh termasuk olahraga.

“Mari kita raih prestasi olahraga di tingkat nasional dan international,” imbuhnya.

Dalam kesempatan sama, Ketua Umum Pengprov Perpani Aceh, Nyak Amir menjelaskan, even Target Day yang dilaksanakan sehari merupakan ajang evaluasi hasil latihan para atlet periode November 2017 hingga April 2018 di kabupaten/kota.

Nyak Amir mengatakan, even ini juga sebagai ajang seleksi bagi pemanah untuk dipersiapkan menghadapi kejuaraan nasional (Kejurnas) November 2018, even nasional lainnya seperti Jakarta Open dan Bali Open di tahun ini.

“Even Target Day ini baru yang pertama kita laksanakan. Rencana kegiatan kompetisi hasil latihan selama triwulan (tiga bulan) akan kita gelar tiga kali setahun sebagai persiapan ke Pra PON,” paparnya.

Katanya, melalui program even Target Day bisa bertambah pemanah potensial baik putra maupun putri. Saat ini sudah ada 21 atlet potensial dan 10 atlet masuk dalam program atlet binaan KONI Aceh, untuk dipersiapkan ke Pra PON 2019 melalui pemusatan latihan daerah (Pelatda).

“Pada PON di Jawa Barat, kita meloloskan empat atlet. Kita berusaha bisa lebih banyak lagi pemanah Aceh yang lolos ke PON Papua dan target bisa meraih dua medali emas,” ujarnya. (aceh.antaranews.com/SAKY)

Shares: