News

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Harap Semua SKPA Mendata Arsip

BANDA ACEH (popularitas.com) – Menindak lanjuti program ‘BEREH’ Pemerintah Aceh dan tertib arsip, Dinas Sosial dan Dinas Perpustakaan dan Kerasipan (Arpus) melakukan kerja sama pemindahan arsip milik Dinas Sosial Aceh.

Pemindahan 200 kotak milik Dinsos tersebut, dilaksanakan pada Kamis, 10 Oktober 2019, dimana nantinya arsip milik Dinsos tersebut akan disimpan di Depo (Penyimpanan Arsip) Dinas Arpus Aceh.

Hal ini juga sesuai dengan intruksi Sekda Aceh, yang menginstuksikan Dinas Arpus Aceh untuk mentata arsip – arsip yang dimiliki oleh SKPA, agar tersimpan dengan rapi dan aman, hingga mudah ditemukan saat dibutuhkan, juga menjadikan setiap ruangan bersih dan rapi sesuai dengan program ‘BEREH’.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, mengharapkan seluruh SKPA untuk segera mendata dan menyerahkan arsipnya ke dinas terkait.

“Sesuai perintah pak Sekda tim kita telah berkeliling ke SKPA – SKPA untuk memberikan pendampingan bagaimana cara menyusun arsip dan didata, setelah itu kami (Dinas Arpus) akan menyemput arsip –arsip yang telah siap untuk diserahkan ke dinas Arpus dan disimpan dengan aman dan rapi di depo arsip,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Aceh, Roeslan, saat serah terima arsip dari Dinas Sosial ke Dinas Arpus Aceh, dihalaman Gedung Arsip.

Roeslan, juga mengharapkan tim pemindahan arsip dari SKPA – SKPA untuk bekerja esktra, mendata dan melakukan pemindahan arsip dari SKPA – SKPA, agar arsip bisa tersimpan dengan rapi, hingga program BEREH pemerintah Aceh dapat tercapai.

“Saat kita sedang berusaha membereskan arsip – arsip yang dimiliki Dinas – Dinas, dimana banyak arsip yang disimpan ditempat tidak layak, hingga terkesan kumuh dan tidak rapi, juga membuat arsip lebih mudah rusak, kalua disimpan di depo kita, akan tersimpan dengan rapi, terdata, dan seketika mereka butuh akan sangat mudah menemukannya,” tambah Roeslan.

Selain arsip milik Dinas Sosial Aceh, Arsip Dinas Kepegawaian Aceh juga dijadwalkan dalam waktu dekat ini akan diangkut dan dipindahkan ke Depo milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. [ril]

Shares: