News

Jumlah Hewan Kurban Dari Pemkab Pidie Jaya Terus Meningkat

Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas menunjukkan hewan kurban. (popularitas/Nurzahri)

PIDIE JAYA (popularitas.com) – Jumlah hewan kurban Idul Adha 1441 Hijriah, yang disalurkan untuk masyarakat oleh Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Jika pada tahun 2016, hewan kurban berupa sapi yang berasal dari Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Pidie Jaya itu berjumlah 111 ekor, ditahun selanjutnya, tahun 2019 sebanyak 159 ekor, dan tahun 2020 ini kembali  meningkat, dengan jumah 171 ekor.

Bupati Kabupaten Pidie Jaya, Aiyub Abbas mengatakan, keseluruhan hewan qurban tersebut akan disalurkan ke desa-desa di delapan kecamatan di daerah setempat.

Kata dia, pada program perdana penyaluran hewan qurban di awal-awal Aiyub Abbas dan Said Mulyadi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Pidie, jumlah sapi yang terkumpul hanya 30 ekor.

“Alhamdulillah, tahun ini jumlah hewan qurba kita makin bertambah. Jika melihat tahun pertama penyaluran quran hanya 30 ekor, kini menjadi 171 ekor, jadi keinginan kita untuk berqurban dari tahun ke tahun mengalami peningkatan,” kata Aiyub Abbas, Rabu 29 Juli 2020.

Kata Abuwa, sapaan akrab Bupati Pidie Jaya, sejatinya dalam tahun 2020 ini, jumlah hewan ternak yang ditargetkan sebanyak 222 ekor, sehingga keseluruhan desa di daerah setempat bisa memperoleh hewan qurban tersebut.

Namun begitu, dia optimis, di tahun-tahun selanjutnya seluruh desa di Pidie Jaya sebanyak 222 gampong akan mendapatkan jatah hewan ternak pergampong satu ekor.

Sementara itu, Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi menyebutkan, dalam proses penyaluran hewan qurban untuk gampong-gampong, skemanya diatur langsung oleh setiap kecamatan, usai menerima dari pihak panitia.

“Alhamdulillah juga bisa mencapai 171 ekor hewan qurban. Terkait penyaluran diatur oleh camat setiap kecamatan, tentunya yang akan dibagi kepada gampong- gampong yang tidak berqurban, ataupun gampong-gampong yang penduduknya banyak tapi kekurangan hewan qurban,” jelas Waled.

Reporter: Nurzahri

Shares: