Jokowi Sentil Aceh Karena Vaksinasi Covid-19 Rendah

POPULARITAS.COM – Empat provinsi di luar Pulau Jawa-Bali menjadi sorotan khusus Presiden Joko Widodo. Pasalnya, capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di provinsi-provinsi itu masih rendah.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto mengatakan, empat provinsi itu di antaranya Aceh, Sumatera Barat, Sulawesi Barat, Papua.

“Bapak presiden beri catatan khusus untuk Papua, Aceh, Sumatera Barat, Sulawesi Barat untuk terus ditingkatkan, karena mereka salah satu yang terendah di level 24-33 persen,” kata Airlangga dalam konferensi pers secara virtual, Senin (25/10/2021).

Menurut Airlangga, secara umum, terkait capaian vaksinasi di luar Jawa-Bali, baru ada lima provinsi yang capaian vaksinasi dosis pertamanya di atas rata-rata nasional.

Provinsi itu yakni Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara. Sedangkan, kata dia, sebanyak 22 provinsi lain masih di bawah rata-rata nasional.

Kemudian, untuk capaian vaksin dosis kedua di luar Jawa Bali yang di atas rata-rata nasional yakni Kepri, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, dan Jambi.

“Sedangkan 23 provinsi lain capaiannya di bawah nasional, rata-rata di bawah 32,67 persen,” imbuhnya.

Airlangga menambahkan, dari segi level asesmen pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sampai saat ini tidak ada provinsi yang berada pada asesmen level 4.

Sementara, masih ada satu provinsi, Kalimantan Utara yang berada di level 3, sedangkan 23 provinsi lainnya level 2, dan tiga provinsi level 1.

Sumber: CNN

Comments
Loading...