News

Jokowi: Aceh Bisa Jadi Epicentrum Pertumbuhan Ekonomi Baru di Sumatera

Presiden Joko Widodo. (ist)

POPULARITAS.COM – Presiden Joko Widodo telah meresmikan jalan tol seksi 4 Blang Bintang-Indrapuri, Selasa (25/08/2020). Peremian itu ditandai dengan penekanan tombol, bahwa ruas jalan tol itu sudah bisa beroperasi.

Dengan beroperasinya jalan tol itu, kata Jokowi, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Jika, pemerintah daerah mau memberdayakan UMKM untuk ikut terlibat di dalamnya.

Ia meminta Gubernur Aceh untuk menyambungkan jalan tol tersebut dengan sentra pertanian pariwisata, industry, dan lokasi UMKM untuk mendongkrak perekonomian di Aceh secara luas.

“Saya titip ini kepada Gubernur, saya minta disambungkan ke sentra pariwisata, industri agar bermanfaat untuk warga Aceh,” ujarnya.

Paling penting, kata Jokowi, jika sektor ekonomi menengah ke bawah sudah menggeliat, dipastikan keberadaan jalan tol di Aceh bisa bermanfaat bagi warga. Karena konektivitas itu bisa membuat multiflier effect hingga tiga kali lipat.

“Kita harap Aceh bisa jadi epicentrum pertumbuhan ekonomi baru di Sumatera,” ucapnya.

Tol Sigli – Banda Aceh terdiri dari 6 (enam) seksi yaitu Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri – Blang Bintang) merupakan jalan bebas hambatan pertama yang hadir bagi masyarakat Aceh.

Seksi 1 Padang Tiji – Seulimum (24,3 km), seksi 2 Seulimum – Jantho (7,6 km), seksi 3 Jantho – Indrapuri (16 km), seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang (13,5 km), seksi 5 Blang Bintang – Kuta Baro (7,7 km) dan seksi 6 Kuto Baro – Baitussalam (5 km).

Reporter: dani

Shares: