News

JK Apresiasi Gerakan Donor Darah ASN di Aceh

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Didampingi Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, menggelar Video Conference dengan Ketua Umum PMI Pusat Muhammad Jusuf Kala dan Sekjen PMI Pusat Sudirman Said, di ruang tengah Meuligoe Gubernur Aceh. Dalam kesempatan tersebut, PMI Mengapresiasi respon Plt Gubernur Aceh terhadap kelangkaan darah di masa pandemi Covid-19, yaitu dengan gerakan Donor Darah ASN Pemerintah Aceh, Selasa (30/6/2020). (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sukses dengan Gerakan donor darah yang diinisiasi pada tanggal 27 Mei lalu, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, kembali meluncurkan Gerakan Donor Darah Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Aceh Tahap Kedua. Kegiatan yang diawali Video Conference dengan Ketua Umum PMI Pusat Muhammad Jusuf Kala dan Sekretaris Jenderal PMI Pusat Sudirman Said, di pusatkan di ruang tengah Meuligoe Gubernur Aceh, Selasa, 30 Juni 2020.

“Terima kasih dan apresiasi saya kepada seluruh Kepala SKPA dan jajaran, yang telah berpartisipasi dengan sukarela dalam gerakan sosial ini. Dengan ini saya meluncurkan Gerakan Donor Darah ASN Pemerintah Aceh Tahap kedua, semoga gerakan ini berjalan sukses dan menginspirasi masyarakat luas untuk turut mendonorkan darahnya,” ujar Nova.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Gubernur juga menjanjikan paket Umrah, kepada ASN yang paling cepat menyentuh angka 10 kali mendonorkan darahnya.

“Niat saya dan niat kita semua tentu sama, yaitu mendonorkan darah, hanya itu. Karena setetes darah kita adalah kehidupan bagi orang lain. Nah, untuk menyemangati para ASN, saya akan memberi bonus Umrah kepada ASN yang paling cepat menyentuh angka 10 kali donor, pasca diluncurkannya Gerakan Donor Darah ASN tahap kedua hari ini. Umrahnya sepasang, untuk suami istri,” kata Nova.

JK Apresiasi

Sementara itu, dalam sambutan singkatnya saat Vidcon dengan Plt Gubernur Aceh, Sekda dan seluruh Kepala SKPA, Ketum PMI Pusat Muhammad Jusuf Kala mengapresiasi Gerakan Donor Darah ASN Pemerintah Aceh, yang diinisiasi oleh Plt Gubernur dan Sekda Aceh.

“Secara pribadi dan atas nama organisasi PMI, saya mengapresiasi respon Plt Gubernur bersama Sekda Aceh terhadap kelangkaan darah di masa pandemi Covid-19, dengan menginisiasi Gerakan Donor Darah ASN Pemerintah Aceh,” ujar mantan Wakil Preaiden RI itu.

Donor darah, sambung JK, adalah bentuk kasih sayang Allah yang menguntungkan kedua belah pihak. “Yang memberi sehat yang menerima sembuh. Jadi, para pendonor akan tetap sehat karena sirkulasi darahnya terus diperbaharui secara alami, dan penerima donor, Insya Allah akan sembuh dengan asupan darah yang kita donorkan. Ini adalah salah satu Rahmat yang Allah berikan kepada kita umat manusia,” sambung JK.

JK juga menjelaskan, bahwa dalam dunia medis, darah adalah satu-satunya elemen yang tidak bisa diduplikasi. Upaya untuk memenuhi kebutuhan darah hanya satu, yaitu dengan donor darah. JK menambahkan, kebutuhan darah adalah 2 persen dari jumlah penduduk per tahun. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta lebih, maka asumsi kebutuhan darah Indonesia per tahun adalah 5,2 juta kantong.

“Selama ini, Indonesia hanya mampu memenuhi 90 persen kebutuhan darah. Kondisi pandemi Covid-19 ini membuat stok darah kita semakin berkurang. Kebijakan pembatasan akibat pandemi berimbas pada menurunnya aktifitas PMI, yang selama ini secara mobile melakukan donor darah ke kampus dan instansi-instansi, untuk memenuhi kebutuhan darah. Dan, selama pandemi Covid-19 ini, kami melihat Pemerintah Aceh yang sangat responsif mengatasi berkurangnya stok darah,” kata JK.

Dalam kesempatan tersebut,, JK juga mengapresiasi seluruh elemen masyarakat dan instansi yang telah membantu dan menampung 94 orang Rohingya yang terkatung-katung di lautan.

“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat Aceh dan sejumlah instansi yang telah membantu dan menampung saudara-saudara kita Rohingya di Aceh Utara. Ini adalah bentuk pembuktian bahwa masyarakat Aceh sedang mengamalkan sila kedua dari dasar negara kita Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Orang yang meninggal saja kita tolong, kita cari mayatnya. Apalagi orang yang hampir meninggal, tentu harus kita selamatkan, harus kita tolong,” imbuh JK.

Usai Vidcon dengan Ketum dan Sekjen PMI Pusat, Plt Gubernur mengimbau agar para Kepala SKPA disiplin mengkoordinir jajarannya dalam menjalankan jadwal donor darah ASN Pemerintah Aceh yang telah disusun oleh Sekda Aceh, agar gerakan sosial yang bertujuan untuk menggugah kesukarelaan masyarakat untuk mendonorkan darah berjalan sukses, sehingga kebutuhan darah harian di Aceh bisa tercukupi.

“Jumlah penduduk Aceh saat ini mencapai 5,3 juta jiwa lebih. berpedoman pada jadwal yang telah disusun oleh Pak Sekda, maka akan ada sekitar 50 hingga 100 kantong darah yang akan disumbangkan oleh ASN Pemerintah Aceh setiap harinya. Jika mengacu pada penyampaian Pak JK tadi, bahwa kebutuhan darah per tahun adalah 2 persen dari total jumlah penduduk, maka kita telah turut membantu  memenuhi sepertiga hingga setengah dari total kebutuhan darah harian masyarakat Aceh,” kata Nova.

Untuk diketahui bersama,  hingga saat ini, Gerakan Donor Darah ASN Setda Aceh telah berhasil mengumpulkan darah sebanyak 1.656 kantong. Selain seluruh Kepala SKPA, peluncuran Gerakan Donor Darah ASN Pemerintah Aceh tahap Kedua ini juga dihadiri oleh Ketua PMI Banda Aceh Qamaruzzaman Haqni. (dani/ril)

Shares: