News

Jenderal Andika Perkasa calon Panglima TNI berharta RP179 M

Dari e-lhkpn, diketahui, kekayaan menantu Jenderal Purn AM Hendro Priyono itu, mencapai Rp 179,9 miliar atau persisnya Rp 179.996.172.019.
Jenderal Andika pastikan oknum TNI terlibat tragedi Kanjuruhan disanksi pidana
Jenderal TNI Andika Perkasa. (klikberita.com)

POPULARITAS.COM – Presiden RI Joko Widodo, telah mengirimkan surat presiden (supres) kepada DPR RI terkait dengan pencalonan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Sebagai calon tunggal Panglima TNI yang nantinya akan dilantik menggantikan Marsekal Hadi Tjajahto, berapa kekayaan Jenderal Andika Perkasa?

Dari e-lhkpn, diketahui, kekayaan menantu Jenderal Purn AM Hendro Priyono itu, mencapai Rp 179,9 miliar atau persisnya Rp 179.996.172.019.

Kekayaan terbesarnya ialah berupa kas dan setara kas yang bernilai Rp 126,9 miliar. Disusul setelahnya harta berupa tanah dan bangunan senilai Rp 38,1 miliar. Tercatat ada empat tanah milik Andika yang berada di luar negeri. Tiga berlokasi di Amerika Serikat dan satu di Australia.

Harta bergerak lainnya sebesar Rp 10,1 miliar. Sedangkan transportasi dan mesin yang ia miliki bernilai Rp 2,6 miliar. Sumber kekayaan terakhir Andika yang tercatat dalam LHKPN adalah surat berharga dengan nilai Rp 2,1 miliar.

Anggota Komisi I DPR RI Saifullah Tamliha mengaku tidak mempersoalkan harta kekayaan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang diberitakan mencapai sekitar Rp179 miliar.

Dia menilai Presiden Joko Widodo sudah mempertimbangkan secara matang sebelum menunjuk Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

“Kalau soal harta kekayaan, itu urusan presiden, tentu presiden sudah tahu dari KPK maupun PPATK. Wajar Saja, dia (Andika) menantunya orang kaya,” kata Tamliha di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (4/11/2021), diberitakan Antara.

Dia menilai tidak masalah apabila Panglima TNI merupakan orang kaya karena ketika menjabat tidak akan mengutak atik terkait pengadaan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista).

Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono juga tidak mempersoalkan terkait harta kekayaan Jenderal Andika karena yang bersangkutan sudah melaporkan kepada KPK.

Dia menilai sorotan terkait harta kekayaan Jenderal Andika bukan sebuah kendala dan dirinya ingin fokus menanyakan terkait komitmen Jenderal Andika ketika memimpin TNI.

“Saya tidak melihat itu (harta kekayaan Andika) sebagai kendala. Saya ingin fokus kepada beliau menjalankan tugasnya nanti sebagai Panglima TNI untuk menyejahterakan prajurit,” ujarnya.

Selain itu menurut Dave, dirinya ingin mendalami bagaimana Jenderal Andika meningkatkan kualitas sumber daya prajurit, memodernisasi alutsista, dan melakukan mitigasi penanganan terhadap potensi konflik di Indonesia.

Editor : Hendro Saky

Shares: