InsfrastrukturNews

Jembatan Kayu yang Rusak di Pidie, Akhirnya Diperbaiki

PIDIE (popularitas.com) – Jembatan gantung kayu sepanjang 40 meter dengan kondisi rusak parah di Gampong Keutapang Aree, Kecamatan Delima, Kabupaten Pidie, akhirnya mulai diperbaiki.

Pekerja mulai membongkar kayu lapuk yang selama ini menjadi lantai jembatan. Pembongkaran lantai tersebut menjadi tahap awal perbaikan jembatan. Perbaikan jembatan ini telah diusulkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten Perubahan (APBK-P) Pidie Tahun 2019.

Baca: Jembatan Kayu di Pidie Tak Kunjung Diperbaiki

Jembatan tersebut sebelumnya ramai diberitakan pada awal September 2019. Ketika itu kondisi jembatan rusak parah dengan kayu lapuk, tetapi masih digunakan oleh siswa-siswa untuk menyeberang sungai untuk pergi ke sekolah.

Bahkan, Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud mengunjungi ke lokasi jembatan itu. Di sana, ia sempat menaiki jembatan. Fadhlullah menyebut kondisi jembatan memang sangat memprihatinkan. Ia pun kala itu mengaku akan segera memperbaikinya.

Keuchik Gampong Keutapang Aree, Jawahir, mengatakan pekerja mulai melakukan perbaikan jembatan pada Senin kemarin. Sebelum itu, dua pekan lalu Jawahir diperintahkan oleh Camat Delima untuk mengukur panjang dan lebar jembatan.

“Terima kasih untuk semua pihak yang turut membantu sehingga jembatan ini telah diperbaiki,” katanya pada wartawan, Selasa, 8 Oktober 2019.

Pembangunan jembatan tersebut juga diawasi oleh Ombudsman perwakilan Aceh. Kepala Ombudsman Aceh, Taqwaddin, menyatakan pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan investigasi ke lokasi jembatan.

Taqwaddin menambahkan, pihaknya sesuai dengan Peraturan Ombudsman No 26 Tahun 2017, terhadap kasus-kasus pelayanan publik yang berisiko membahayakan nyawa manusia seperti jembatan rusak yang masih dipergunakan, maka Ombudsman menerapkan sistem RCO (Reaksi Cepat Ombudsman). (DRA)

Shares: