News

Jemaah haji Aceh di Madinah mulai bergerak ke Makkah

Jemaah haji Aceh di Madinah mulai bergerak ke Makkah
Jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-01 mulai bergerak dari Madinah ke Makkah, Kamis (23/6/2022) jam 08.00 Waktu Arab Saudi. FOTO: PPIH Aceh

POPULARITAS.COM – Jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-01 mulai bergerak dari Madinah ke Makkah, Kamis (23/6/2022) jam 08.00 Waktu Arab Saudi.

Mereka akan menempuh perjalanan enam sampai tujuh jam ke Makkah untuk melaksanakan umrah wajib sebagai rangkaian pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Humas dan Penerangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Aceh, Tajri bin Yakub dalam keterangannya, Kamis (23/6/2022).

“Mulai hari ini, jemaah haji asal Aceh telah bergerak ke Makkah, dimulai dari kloter satu. Sebelumnya mereka melaksanakan ibadah arbain (salat fardu berjamaah 40 waktu berturut-turut) dan ziarah makam Rasulullah dan tempat-tempat bersejarah di Madinah,” kata Tajri.

Baca: Bahasa Indonesia semakin populer di Madinah

Ketua kloter BTJ-01, Muhammad Qusay mengatakan bahwa semua jemaah sebelum subuh sudah mandi sunat ihram dan mengenakan pakaian ihram.

“Semua barang bawaan jemaah seperti koper besar sudah diangkut dari malam. Jemaah keluar hotel untuk salat Subuh sudah memakai pakaian ihram, dan setelah salat tidak lagi kembali ke hotel tetapi bersiap-siap naik bus,” kata Qusay.

Jemaah haji Aceh kloter BTJ-01 mulai bergerak dari Madinah ke Makkah, Kamis (23/6/2022) jam 08.00 Waktu Arab Saudi. FOTO: PPIH Aceh

“Para jemaah nanti akan melaksanakan umrah wajib dengan mengambil miqat di Zulhulaifah atau biasa disebut dengan nama Bir Ali,” katanya.

Baca: Mariano dan Mariana lahir hingga tunaikan haji bersama

Menurut Qusay, dari 392 jemaah kloter satu di Madinah, 391 orang yang berangkat ke Makkah. Seorang jemaah bernama Abdul Manaf tidak bisa berangkat dulu karena sakit dan dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Sebelumnya, PPIH Embarkasi Aceh memberangkatkan 393 jemaah yang tergabung dalam kloter BTJ-01 pada Rabu (15/6/2022) dini hari. Satu jemaah asal Pidie Jaya meninggal dunia menjelang mendarat di bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.

Shares: