News

Jelang HUT RI, Mahasiswa Bersihkan Benda Bersejarah Museum Rumoh Aceh

Jelang HUT RI, Mahasiswa Bersihkan Benda Bersejarah Museum Rumoh Aceh. (Foto: inews.id)

POPULARITAS.COM – Mahasiswa UIN Ar Raniry melakukan konservasi ke Museum Rumoh Aceh, Banda Aceh, Jumat (13/8/2021). Mereka membersihkan sejumlah koleksi benda-benda peninggalan bersejarah jelang HUT kemerdekaan.

Museum Rumoh Aceh menyimpan benda-benda peninggalan Kerajaan Aceh pada masa lampau. Bangunannya menyerupai rumah tradisional Aceh dan di dalamnya terdapat benda pecah belah khas Aceh dari masa lalu yang usianya sudah ratusan tahun.

“Dengan melakukan konservasi seperti ini kita bisa mendapat banyak wawasan dan banyak ilmu yang kita dapat, seperti cara-cara merawat dan melindungi benda-benda di Rumoh Aceh ini,” kata mahasiswi ilmu sejarah UIN Ar Raniry, Banda Aceh, Khairatun Nisa.

Pembersihan benda-benda bersejarah yang dilakukan mahasiswa merupakan bentuk tanggung jawab generasi muda dalam melestarikan budaya-budaya Aceh. Terlebih benda-benda seperti guci, atau perlengkapan memasak yang disimpan di museum tergolong langka.

Edukator Museum Aceh, Nurwahani mengatakan, kegiatan konservasi diadakan setiap tahun. Museum juga secara berkala melakukan perawatan terhadap bangunan termasuk benda-benda yang dikoleksi.

“Dengan cara seperti ini, Rumoh Aceh bisa bertahan hingga sekarang,” kata Nurwahani. Dia juga mengatakan, bangunan luar dan bagian dalam museum masih orisinil. Hanya bagian atap yang harus diganti setiap 10 tahun agar tidak rapuh. “Dinding juga ada penambahan seperti cat. Kalau pengolesan tidak sering karena kita tidak memberikan cairan kimia untuk benda-benda,” ujarnya.

Sumber: Inews.id

Shares: