Januari, Unsyiah Gelar Pemilihan Rektor Baru

BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) tahun depan akan menggelar pemilihan rektor baru – dijadwalkan pada tanggal 8-25 Januari 2018. Saat ini penitia telah membuka pendaftaran sejak 24 Oktober 2017 dan ditutup 22 November 2017.

Ketua Senat Unsyiah, Prof Said Muhammad, menjelaskan tahapan dan tatacara pemilihan sudah dilangsungkan dalam rapat senat pada tanggal 19 Oktober 2017 lalu. Sementara pengumuman hasil proses penjaringan akan dilakukan pada 28 November 2017.

“Penyampaian visi dan misi kandidat rektor, dan penetapan bakal calon akan dilaksanakan pada 5 Desember 2017,” kata Prof Said Muhammad, Kamis (2/11/2017) di Banda Aceh.

Setelah penetapan, lanjutnya pada tanggal 7 Desember 2017 nama bakal calon akan dikirimkan ke Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Kemudian akan dilakukan pada tanggal 8-25 Januari 2018.

Sementara itu, Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal, M.Eng menegaskan, dirinya kembali maju untuk memimpin kampus jantung hate rakyat Aceh periode kedua.

“Iya, InsyaAllah saya akan kembali maju pada pemilihan rektor,” tegasnya.

Katanya, kembali ia maju pada pemilihan rektor Unsyiah untuk melakukan pembenahan yang telah dilakukannya sekarang yang belum selesai. Samsul Rizal memiliki asa untuk mewujudkan Unsyiah menjadi kampus terbaik di Indonesia.

“Cita-cita saya mewujudkan Unsyiah kampus terbaik, sekarang belum terwujud 100 persen,” tegasnya.

Kendati demikian, ia mengaku pada periode kepemimpinan dirinya, Unsyiah telah mendapatkan akreditasi A. Sebelumnya Unsyiah hanya berstatus C dan perolehan statys harus terus ditingkatkan dan diperbaiki.

“Sarana dan prasarana kampus, dan tentu juga staf pengajar dan lulusan Unsyiah yang mampu berkompetisi di era global,” tegasnya.

Dari sisi sumber daya manusia, lanjut Samsul Rizal, saat ini sudah terdapat 450 tenaga dosen bergelar doktor. Samsul Rizal berjanji jumlah ini akan terus ditingkatkan.

Sedangkan dari sisi prasarana kampus, saat ini Unsyiah tengah membangun tiga gedung kampus baru, yaitu MIPA, Fakuktas Kedokteran Hewan, dan Fakultas Kelautan.

Peringkat Unsyiah sendiri di Weibo Metrik saat ini menduduki posisi ke-11, dan prestasi dan capaian yang sangat baik. Upaya-upaya pembenahan terus akan dilakukannya agar mimpi dan cita-cita dirinya kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh ini, mampu sejajar dengan universitas lainnya, seperti UI, UGM, dan ITB.

“Saya ingin mendedikasikan seluruh kemampuan saya untuk kampus ini,” tuturnya.[acl]

SAKY

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.