NewsTeknologi

Jangan Diunduh, Aplikasi Ini Bikin Akun WhatsApp Diblokir

WhatsApp Nantinya Bisa Aktif di Dua Perangkat
Logo WhatsApp (whatsApp)

POPULARITAS.COM – Aplikasi pesan WhatsApp memberikan peringatan akan memblokir akun pengguna jika mengunduh versi tidak resmi dari aplikasinya bernama GB WhatsApp. Versi tersebut sempat viral di media sosial.

“Jika Anda menerima pesan dalam aplikasi yang menyatakan bahwa akun Anda ‘diblokir sementara’, Artinya Anda kemungkinan menggunakan versi WhatsApp yang tidak didukung aplikasi resmi,” ujar pihak WhatsApp, seperti dikutip Express UK, Selasa (6/7/2021).

GB WhatsApp merupakan aplikasi Android yang mirip dengan WhatsApp sehingga pengguna mungkin menganggapnya dikembangkan oleh tim resmi. Namun, GB WhatsApp tidak ada hubungannya dengan aplikasi obrolan asli.

Sebaliknya, aplikasi ini menjanjikan sejumlah fitur yang tidak ditemukan di WhatsApp, termasuk kemampuan membalas pesan teks secara otomatis, mengirim lebih banyak foto dalam satu bundel, dan sejumlah manfaat lain yang tidak tersedia di aplikasi perpesanan resmi. Tautannya membuka kunci fitur-fitur tersebut yang belum tersedia di versi resmi WhatsApp.

Fitur tersebut memungkinkan GB WhatsApp untuk mendapatkan daya tarik di antara penggemar di seluruh dunia. Meskipun mungkin tergoda untuk mengunduh dan memasang aplikasi di ponsel untuk mendapatkan akses ke fitur-fitur itu, pengguna harus benar-benar yakin bahwa memang menginginkan trik tambahan tersebut.

“Jika Anda tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara, akun Anda mungkin akan diblokir secara permanen dari penggunaan WhatsApp,” kata pihak WhatsApp.

Aplikasi tiruan yang tertaut ke akun WhatsApp pengguna untuk menghadirkan kemampuan baru yang tidak didukung di aplikasi asli milik Facebook dilarang. Menurut WhatsApp, kebijakan ini dirancang untuk melindungi pengguna dari masalah keamanan.

Menurut WhatsApp, aplikasi tiruan tidak didukung, seperti WhatsApp Plus, GB WhatsApp, atau aplikasi tiruan lainnya. Pihak WhatsApp menjelaskan aplikasi tidak resmi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar Persyaratan Layanan kami. “WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanan mereka.”

GB WhatsApp tidak tersedia di Google Play Store. Sebagai gantinya, pemilik smartphone Android harus mencarinya dari repositori aplikasi tidak resmi secara online. Pengguna juga harus menonaktifkan beberapa pengaman yang diaktifkan secara default di Android untuk mengunduh dari web.

Sumber: Tempo

Shares: