HeadlineNews

Jamaah Salat Idul Fitri 1441 H Padati Masjid Raya Baiturrahman

Aceh ada 14 Daerah Bisa Berlakukan New Normal
Jamaah salat idul fitri 1441 H. (popularitas/dani)
BANDA ACEH (popularitas.com) – Jamaah salat Idulfitri 1441 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman membludak hingga ke halaman masjid, pada Minggu, 24 Mei 2020. Bahkan, jamaah rela salat beralaskan rumput di halaman masjid.
Pantauan dilokasi, jamaah sudah hadir mulai pukul 06:30 WIB, di setiap sudut pintu masuk masjid dijaga aparat gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri, untuk memantau jamaah yang tidak pakai masker.
Masjid yang menampung sekitar 25 ribu jamaah itu, juga menyediakan masker gratis bagi jemaah yang datang tidak membawa masker.
Aparat kepolisian bahkan menutup akses jalan menuju Masjid Raya Baiturrahman, yang digunakan untuk menampung parkir kendaraan jamaah .
Pelaksanaan salat Idulfitri juga tidak menerapkan jarak antarshaf. Shaf jamaah rapat seperti biasa.
Wastafel juga disediakan di semua pintu masuk masjid lengkap dengan sabun cuci tangan. Perlengkapan serupa juga ada di tempat wudhuk.
“Shalat Idul fitri tetap dilaksanakan di masjid atau lapangan pada hari ini, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19,” kata Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Alidar.
Pantauan dilokasi, khutbah salat idul fitri hanya berlangsung 10 menit. Setelah itu jamaah membubarkan diri sekitar pukul 08:15 WIB. Ada juga sebagian warga memilih tetap berada di masjid, untuk berkumpul bersama rekannya  berswafoto dan silaturahmi.
Buka hanya di masjid Raya Baiturrahman, salat Idulfitri juga berlangsung di seluruh masjid di Banda Aceh. (dani)
Shares: