News

Italia Jadi Zona Bebas Masker Mulai Hari Ini

Ilustrasi pandemi virus corona di Italia. (AP/Alessandro Pone)

POPULARITAS.COM – Seluruh wilayah di Italia menjadi zona bebas masker mulai Senin (28/6). Aturan ini diterapkan setelah seluruh wilayah dikategorikan “berisiko rendah” penularan virus corona.

Dalam dekrit yang mulai berlaku hari ini, Kementerian Kesehatan Italia untuk pertama kalinya mengklasifikasikan masing-masing dari 20 wilayah Italia sebagai “zona putih” corona yang menandakan risiko paling rendah terhadap penularan Covid-19.

Itu berarti masker tidak lagi wajib dikenakan warga yang berada di luar ruangan di zona-zona putih tersebut.

Aturan bebas masker ini juga mulai diterapkan ketika Italia tengah menghadapi suhu ekstrem di tengah musim panas. Peningkatan suhu hingga lebih dari 40 derajat celcius diperkirakan akan berlangsung pada beberapa wilayah di selatan Italia selama sepekan ke depan.

Sebelum mendeklarasikan aturan bebas masker, Italia pernah menjadi pusat penyebaran Covid-19 di awal pandemi berlangsung.

Namun, akibat penanganan pemerintah yang cepat dan tepat, Italia dalam satu tahun sudah bisa melonggarkan serangkaian pembatasan pergerakan dan protokol kesehatan sejak akhir Mei lalu.

Saat ini, sepertiga warga Italia di atas usia 12 tahun atau sebanyak 17,57 juta orang dari total 60,3 juta penduduk juga telah divaksinasi.

Meski begitu, Menteri Kesehatan Roberto Speranza mendesak warga Italia untuk tetap waspada.

“Ini hasil yang menggembirakan, tetapi kehati-hatian dan kewaspadaan masih diperlukan, terutama karena ada varian bari,” kata Speranza seperti dikutip AFP.

“Pertempuran (melawan corona) belum selesai,” ujarnya menambahkan.

Sejak awal pandemi, Italia mencatat total 4,2 juta kasus corona dengan 127 ribu kematian. Saat ini, Italia masih memiliki 57 ribu kasus corona aktif dengan 294 pasien dalam kondisi kritis.

Sumber: CNN

Shares: