EkonomiNews

Irwandi Tawarkan KEK Hingga Bandara SIM ke Pengusaha Qatar

POPULARITAS.COM – Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf melakukan kunjungan ke Negara Qatar. Kedatangan orang nomor satu di Serambi Mekkah ini untuk bertemu dengan sejumlah pengusaha di Qatar untuk menawarkan banyak investasi di Aceh.

Irwandi sampai di Qatar disambut langsung oleh staf kantor Qatar Investment Authority, Muhammad Al-Musallam di Doha , Minggu (10/12/2017). Dalam pertemuan tersebut, Irwandi menjelaskan berbagai bidang investasi di Aceh.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin menyebutkan, salah satu bidang investasi yang ditawarkan oleh Gubernur adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun-Lhokseumawe, Infrastruktur, Regional transportation, dan bidang pertanian dan perkebunan.

“Pihak Qatar Investment Authority menyambut baik dan akan menindaklanjuti pertemuan tersebut dengan hal yang lebih konkrit terkait investasi di Aceh,” kata Mulyadi Nurdin, Senin (11/12/2017) via telepon genggamnya.

Katanya, Irwandi Yusuf juga bertemu Akbar Al-Baker Group Chief Executive Qatar Airways dalam rangka menawarkan Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar sebagai International Hub dan maintenance facilities bagi Qatar Airways.

“Akbar Al-Baker menyambut baik rencana tersebut dengan tahap awal mempersiapkan aplikasi penambahan rute penerbangan Qatar Airways Doha – Aceh,” jelasnya.

Mulyadi Nurdin menambahkan, rencana pembukaan rute penerbangan ini diharapkan dapat menguntungkan Provinsi Aceh secara khusus dan Indonesia secara lebih luas, terutama sektor perdagangan dan pariwisata, serta dapat mendukung Qatar dalam rangka pengembangan dan ekspansi program “food security” negara Qatar.

“Pasca tsunami 2004 silam, bandara SIM telah direnovasi dan sekarang telah memiliki landasan pacu sepanjang 3.000 meter yang mampu menampung pesawat berbadan lebar. Pihak Angkasa Pura juga telah menandatangani perjanjian kerja sama pemanfaatan 51 hektar lahan untuk perluasan Bandara Sultan Iskandar Muda pada tahun 2016 lalu,” lanjut Mulyadi Nurdin.[acl]

Shares: