News

Instruksi JK, Keuangan RS PMI Aceh Utara Segera Diaudit

Biaya Renovasi Belum Lunas, Gedung PMI Aceh Utara Disegel. (ist)

POPULARITAS.COM – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) memerintahkan pihak PMI Aceh segera melakukan audit keuangan di RS PMI Aceh Utara.

Instruksi itu dilakukan terkait kabar bahwa biaya proyek rehab bangunan dan instalasi pengolahan air limbah di rumah sakit setempat yang dikerjakan PT Peugot Konstruksi, tak kunjung terbayarkan senilai Rp 2 miliar.

Sehingga pihak kontraktor terpaksa menggembok pintu IGD Rumah Sakit PMI Aceh Utara, yang terletak di Jalan Sultanah Nahrisyah, Kota Lhokseumawe. Akibat penyegelan itu, saat ini tidak ada aktivitas di rumah sakit tersebut.

“Sudah saya tinjau, saya juga sudah bertemu dengan pengurus rumah sakit PMI Aceh Utara. Selain itu instruksi Pak JK untuk mengaudit keuangan juga sudah sampaikan sebagai langkah untuk pemulihan rumah sakit,” kata Ketua PMI Aceh, Murdani, Rabu (3/2/2021).

Katanya, dengan mengaudit nantinya akan terlihat faktanya apakah rumah sakit tersebut mengalami kerugian, jika hal itu terjadi maka pihaknya akan segera mengupayakan penyelamatan setelah dilakukan audit.

“RS PMI itu kan milik lembaga, maka ada beberapa langkah yang akan dilakukan. Kita akan terus berupaya dalam waktu sebulan ini rumah sakit tersebut akan segera dioperasikan kembali,” ujarnya.

Murdani menyebutkan, selama pandemi Covid, RS PMI terjadi penurunan pasien. Sehingga berpengaruh dalam pendapatan, belum lagi harus membayar gaji tenaga medis.

“Utang terhadap pihak ketiga termasuk rekanan dan Bank Aceh Syariah akan dilunasi secara bertahap, maka rekanan akan diajak bicara untuk membayar secara mencicil. Pasti akan kita lunasi tetapi teknisnya setelah hasil audit keuangan keluar,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: