News

Instagram berikan fitur moderator siaran langsung

Instagram mengumumkan fitur baru moderator yang bisa mengatur aktivitas siaran langsung di platform tersebut.
Fitur moderator di siaran langsung Instagram Live. (ANTARA/HO)

POPULARITAS.COM – Instagram mengumumkan fitur baru moderator yang bisa mengatur aktivitas siaran langsung di platform tersebut.

“Kami mengerti pentingnya ruangan virtual yang positif bagi pengguna Instagram, khususnya para kreator, dan kami berharap para kreator dapat lebih fokus terhadap kualitas konten yang dibagikan saat Live dengan adanya fitur baru ini,” kata Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik, Putri Silalahi, dikutip dari Antara, Sabtu (12/3/2022).

Pengguna bisa memilih orang yang mereka percaya untuk menjadi moderator saat siaran langsung Instagram Live, terlepas apakah orang tersebut pengikut atau bukan.

Moderator bertugas mengawasi aktivitas siaran langsung agar bisa mengatasi perundungan dan pelecehan yang mungkin terjadi selama kegiatan itu. Pengguna yang terpilih sebagai moderator bisa melaporkan komentar dan menghapus penonton yang mengganggu.

Moderator dapat dipilih dalam dua cara, pertama yaitu dengan mengetuk ikon tiga titik di kolom komentar, kemudian tambahkan moderator. Ketuk konfirmasi untuk menunjuk seseorang menjadi moderator Instagram Live tersebut.

Cara kedua, ketuk tombol “call-to-action” ketika siaran langsung, layar akan beralih ke lembar penonton. Pengguna bisa memilih salah satu penonton dan menambahkannya sebagai moderator.

Orang tersebut akan mendapatkan notifikasi bahwa ia ditunjuk sebagai moderator. Dia akan berada di urutan teratas penonton dan diberi label “moderator”.

Saat sedang Live Instagram, moderator bisa melaporkan komentar atau mematikan komentar. Aksi juga bisa diambil dari lembar penonton dengan mengetuk ikon tiga titik di sampiing nama pengguna.

Pengguna bisa menghapus moderator kapan saja selama acara berlangsung. Moderator juga bisa mundur dari peran tersebut dengan mengetuk nama pengguna miliknya di lembar penonton dan memilih “hentikan moderasi”.

Fitur ini meluncur secara global pada 11 Maret, pengguna di Indonesia sudah bisa menggunakan moderator.

Shares: