Inspektorat tindaklanjuti temuan dana desa di Aceh Barat Rp16 miliar

POPULARITAS.COM – Kepala Kantor Inspektorat Kabupaten Aceh Barat Sirajulfata mengatakan jumlah temuan dana desa di daerah tersebut, yang saat ini masih ditindaklanjuti mencapai Rp16 miliar lebih.

“Saat ini masih terus kami tindaklanjuti temuannya agar dikembalikan ke kas negara,” kata Sirajulfata di Meulaboh, Senin (27/6/2022).

Ia mengatakan total temuan dana desa sejak tahun 2016-2021 di Aceh Barat yang saat ini masih terus ditindaklanjuti mencapai Rp16,8 miliar lebih, dari total temuan secara keseluruhan mencapai Rp25 miliar lebih.

Sirajulfata menjelaskan banyaknya temuan saat dilakukan audit oleh auditor terhadap dana desa di Aceh Barat, diantaranya seperi adanya kekurangan volume pekerjaan, pajak diduga yang tidak disetor, termasuk kebijakan desa.

Selain itu, adanya persoalan seperti persoalan bantuan langsung tunai (BLT) di setiap desa di Aceh Barat, saat ini juga masih menjadi temuan di hampir setiap desa di Aceh Barat.

Guna meminimalisir kerugian keuangan negara, pihaknya terus berupaya mengembalikan temuan tersebut, dengan meminta kepada aparat desa atau mantan aparat desa, agar mengembalikan dana desa yang menjadi temuan auditor.

“Saat ini kita masih terus memfokuskan untuk pengembalian kerugian keuangan negara terkait pengelolaan dana desa,” demikian Sirajulfata.

Comments
Loading...