Ini Tujuh Tanda Kebanyakan Minum Kopi

POPULARITAS.COM – Kopi memang memiliki manfaat yang cukup banyak untuk tubuh. Namun, jika kita mengonsumsinya terlalu berlebihan, tentu akan ada efek samping yang akan kita rasakan, baik itu yang kentara maupun tidak.

Untuk mengantisipasi efek samping konsumsi kopi yang terlalu berlebihan, kita perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa tanda-tandanya, yang bahkan kita pun tidak menyadarinya.

Melansir The Healthy, inilah tanda-tanda bahwa kita terlalu banyak minum kopi

  1. Merasa cemas

Ketika sedang cemas atau grogi, secangkir kopi ternyata bukan ide yang bagus untuk membuat kita lebih tenang.  National Institute of Mental Health justru merekomendasikan orang yang menderita kecemasan untuk menghindari kafein.

Alasannya, terlalu banyak kopi justru sebenarnya dapat memperburuk efek kecemasan tersebut, termasuk yang berakibat berkurangnya waktu tidur atau memicu respons “perlawanan” seperti saat stres. Baca juga: Benarkah Mandi Air Dingin Meredakan Kecemasan?

  1. Sakit perut

Pada tahun 2017, para ilmuwan Eropa menemukan bahwa senyawa tertentu dalam kopi dapat merangsang sekresi asam lambung oleh sel-sel perut. Tak heran jika sebagian orang tak suka kopi karena alasan bisa membuat sakit perut.

Jika sakit perut yang kita alami dirasakan karena kebiasaan konsumsi kopi setiap hari, ada baiknya untuk mengurangi atau bahkan menghindarinya sejenak.

  1. Jantung berdebar

Jantung berdebar-debar, bisa disebabkan karena beragam faktor, seperti terlalu banyak mengonsumsi kopi, kafein, nikotin, bahkan alkohol. Dalam beberapa kasus, jantung berdebar dapat menyebabkan pusing dan bahkan pingsan.

Menurut sebuah penelitian tahun 2017 dalam jurnal Frontiers in Psychiatry, 94 persen dokter merekomendasikan pasien yang mengalami detak jantung berdebar untuk berhenti mengonsumsi kafein.

  1. Diare

Kebanyakan orang tahu bahwa kopi dapat membantu kita buang air besar tetap teratur, berkat sifat pencahar yang terkandung di dalamnya.

Namun, International Foundation for Gastrointestinal Disorders (IFFGD) mengatakan, jika kita minum lebih dari dua atau tiga cangkir sehari bisa membuat kita terkena diare.

  1. Tidak bisa tidur

Insomnia bisa menjadi tanda bahwa kita sudah terlalu banyak minum kopi, karena kopi memang dapat merusak siklus tidur seseorang. Menurut American Academy of Sleep Medicine, waktu paruh kopi atau lama waktu yang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan efek kafein sekitar 5 jam.

Untuk itu, kita bisa mengatasi masalah ini, dengan minum secangkir kopi paling terakhir pada  tengah hari.

  1. Merasa gelisah

Kopi memang bisa membuat kita merasa lebih waspada atau terjaga. Inilah yang membuat kegelisahan datang. Kafein dapat mempercepat sistem saraf pusat kita sehingga menyebabkan kita merasa gelisah.

  1. Sakit kepala

Menurut sebuah penelitian di The Journal of Headache and Pain, kafein dalam jumlah sedang berguna untuk membantu meredakan sakit kepala. Beberapa obat memang mengandung kafein.

Meski begitu, minum lebih dari tiga cangkir kopi perhari justru bisa memicu sakit kepala dan juga rasa lelah.

Sumber: Kompas

-ads-

-ads-
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.