Ini menu makanan Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Aceh

POPULARITAS.COM – Dalam lawatan ke Aceh, Presiden RI memiliki dua agenda penting, yakni memantau pelaksanaan vaksinasi dari rumah ke rumah, dan di Pesantren Darul Muarif, Kuta Baro, Aceh Besar.

Agenda penting lainnya, adalah memberikan arahan kepada Gubernur Aceh, dan 23 bupati dan walikota di provinsi ujung barat Sumatra tersebut. Dan usai melakukan dua acara penting itu, Presiden RI Joko Widodo, dijamu makan siang di Pendopo kegubernuran.

Nah lantas, apa saja menu makanan yang disiapkan untuk Presiden RI itu. 

Ketua Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI) Cabang Aceh, Erika Mulyani, dalam keterangannya kepada popularitas.com, Kamis (16/9/2021), merangkan, sebagai pihak yang dipercaya oleh Paspampres, Ia bersama seluruh anggota menyiapkan menu khas Aceh, seperti Sayur Pliek U, Ayam Tangkap, Sambal Udang, Eungkot Tuna Tumeh, dan krupuk mulieng.

Dan untuk desert atau cemilan penutup, PPJI Aceh menyajikan jus wortel dan buko pandan. Sedangkan makanan kecil yang disiapkan, timphan, risoles, lemper dan tahu isi, dan kue bhoi.

Kesemua menu yang disajikan itu, Sambung Ika sapaan karib Erika Mulyani, kesemua proses penyiapannya dilakukan selama dua hari. “Kami hanya punya waktu dua hari untuk mempersiapkan segala sesuatunya,” terang Ika.

Jadi, lanjut ika lagi, pihaknya menawarkan menu-menu tersebut kepada pihak Paspampres, dan bahkan dirinya ikut secara langsung menceritakan sejarah dari masakan yang disiapkan pihaknya. “Agar Pasmpres yakin, saya cerita historis dari menu-menu itu,” terang Ika.

Dan selanjutnya pihak Paspampres langsung setuju, dan tidak ada koreksi lagi, ujarnya. Hal yang utama kesemua masakan yang disiapkan pihaknya harus melewati uji makanan, atau test food dari pihak Paspampres.

Alhamdulillah, sambung Ika, PPJI Aceh diberikan kepercayaan oleh Paspampres menyiapkan menu dalam kunjungan Presiden RI. Hal tersebut menjadi kebanggan tersendiri bagi pihaknya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.