HeadlineNews

Ini Kisaran Harga Daging Hari Meugang Pertama

Ilustrasi, pedagang daging sapi di Banda Aceh di hari Meugang | Foto: Al Asmunda

BANDA ACEH (popularitas.com) – Menyambut bulan Ramadan di Aceh, ada sebuah tradisi yang bernama meugang. Tradisi ini membuat warga Aceh berbondong-bondong membeli daging kerbau atau sapi mulai dari H-2 puasa.

Tradisi ini membuat harga daging naik melonjak. Hari pertama meugang di wilayah kota Banda Aceh, Sabtu, 4 Mei 2019, harga daging di pasaran bahkan mencapai Rp 150.000 hingga Rp 180.000 perkilogram.

Kendati harga daging lokal relatif mahal jika dibandingkan hari biasa, tetapi tidak menghalangi minat masyarakat di ibu kota provinsi Serambi Mekkah untuk mengonsumsi daging. Tingginya minat pasar membuat harga daging naik drastis. Hal ini pun dianggap lumrah oleh masyarakat Aceh.

Gimana ya dek, mau nggak mau ya harus kita beli juga. Lagi pula kan ini setahun sekali dek. Tapi memang kita harapnya murah gitu,” sebut Fitriani, ibu rumah tangga asal Kajhu, Aceh Besar.

Baca: Aliansi Buruh Aceh Minta Pemerintah Sidak Pasar

Sementara itu Muhammad Nur, seorang pedagang di pasar Neusu Aceh mengatakan, daging yang dijual kualitas bagus.

“Kita menjual daging dengan harga 170 ribu, ini kualitas bagus karena memang harga sapi lokal naik jelang meugang,” jelasnya.

Kebanyakan masyarakat Aceh, sebutnya, lebih memilih membeli daging sapi lokal tenimbang daging sapi luar. Meskipun sedikit lebih mahal, masyarakat tetap membeli daging dengan kualitas bagus itu.

“Karena sapi yang kita potong ini merupakan ternak sendiri. Meskipun mahal daging yang dijual hampir ludes diborong konsumen,” sebutnya.

Baca: Plt Sekda Janji Tuntaskan Kepgub Meugang

Sementara harga daging di kawasan Lhong Raya, Banda Aceh dijual dengan harga relatif murah yakni sekitar Rp 150.000 hingga Rp 160.000 perkilogramnya.

“Saya menjual daging sapi lokal dengan harga Rp 150 ribu per kilogramnya,” kata Ahmad, seorang pedagang daging di kawasan Lhong, Raya, Banda Aceh.

Ia menjelaskan, rata-rata daging di Banda Aceh dijual dengan harga 150 ribu hingga 160 ribu per kilogramnya. “Setiap meugang dipastikan harga daging naik dari harga hari biasanya,” ungkapnya.(ASM)

Shares: