News

Ini Kata BMKG Terkait Suhu Panas yang Terjadi di Aceh Sepekan Terakhir

Ilustrasi Suhu Panas | FOTO: Republika

BANDA ACEH (popularitas.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan terjadinya peningkatan suhu panas di sebagian daerah Aceh sepekan terakhir, merupakan dampak dari musim kemarau yang tengah terjadi di Provinsi Aceh.

“Perkiraan BMKG, kemarin 34,4 derajat Celsius. hari ini 35,5 derajat Celcius. kita perkirakan rata-rata untuk beberapa hari ke depan antara 34 sampai 35,8 derajat Celcius,” ucap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blangbintang, Zakaria Ahmad, kepada popularitas.com, Rabu 17 Juli 2019.

Dia menerangkan, suhu panas ini juga berdampak pada malam hari. Hal tersebut dikarenakan pada malam hari adanya awan, sehingga panas yang diterima oleh bumi dari pagi sampai siang hari itu, akan dipantulkan lagi oleh awan ke bumi sehingga terjadi panas.

Zakaria menuturkan, adanya fanomena gerhana bulan parsial yang terjadi semalam tidak berdampak pada meningkatnya suhu panas.

“Tidak ada pengaruhnya itu. Karena ini (panas) ya lagi musim kemarau saja,” tuturnya.

BACA: Malam Ini Ada Gerhana Bulan Parsial, Warga Diminta Salat Khusuf

Suhu panas akibat musim kemarau ini, terang Zakaria, terjadi hampir di seluruh Aceh.

“Kecuali di Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Tamiang, dan Subulussalam, itu ada potensi hujan ringan dan sedang,” ujarnya. (ASM)

Shares: