HeadlineHukum

Ini Hasil Rekonstruksi Pembantaian Satu Keluarga di Ulee Madon

LHOKSEUMAWE (popularitas.com) – Polisi merekonstruksi perkara pembantaian satu keluarga di Gampong Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Selasa, 23 Juli 2019 sekitar pukul 11.00 WIB. Penyidikan mendapatkan adanya perbedaan isi BAP dengan yang terungkap dalam rekonstruksi.

Tersangka, Aidil Syahputra (40) alias Aidil Ginting yang tak lain suami korban Irawati Nurdin (35), melakukan 20 reka adegan dalam rekonstruksi tersebut. Reka ulang kasus pembunuhan sekeluarga ini turut disaksikan Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe AKP Indra T Herlambang.

Dalam reka ulang itu, terungkap kalau korban Irawati Nurdin ditikam dengan pisau lipat usai terjatuh di kamarnya. Kemudian ada beberapa adegan lainnya yang dinilai penyidik tidak sesuai BAP sebelumnya.

“Ada beberapa adegan tidak sesuai dengan BAP, hasil reka hari ini akan kita gelar kembali untuk disesuaikan,” jelas Indra T Herlambang.

Menurutnya, Reka digelar untuk mendapatkan kronologi sebenarnya pembunuhan sadis itu untuk kebutuhan penyidikan.

Untuk menganstisipasi kericuhan di lokasi reka, Polres meminta back-up pengamanan dari satuan Brimob. Pria asal Deli Serdang dihadirkan ke lokasi dengan mobil angkutan kepolisian dan dijaga aparat Brimob.

Ratusan warga dan keluarga korban hanya bisa menyaksikan rekonstruksi dari seberang jalan karena dilarang petugas mendekati lokasi. Warga sempat meneriaki tersangka saat dikeluarkan dari mobil pengamanan.

Sebelumnya dikabarkan, Aidil  yang berprofesi sebagai kuli bangunan itu membunuh Irawati Nurdin bersama dua anak tirinya pada Selasa dini hari, 7 Mei 2019. Diduga pembunuhan itu dipicu rasa dendam dan motif ingin menguasai harta korban.

Usai membunuh, tersangka melarikan diri ke Banda Aceh dan akhirnya ditangkap petugas Subdit Jatanras Polda Aceh di Lambaro, Aceh Besar, pada hari sama sekitar pukul 08.00 WIB. Kedua kaki tersangka terpaksa didor karena berusaha melawan saat ditangkap.

Korban Irawati ditemukan meninggal dunia di kamar dengan kondisi luka tikaman di tubuhnya. Sementara korban lainnya, yang juga anak tiri tersangka, Zikra (14), ditemukan di tangga serta Yazid (1,5) di dalam bak air kamar mandi lantai dua dengan luka tusuk di bagian leher.

Sedangkan anak korban, Zikri yang masih duduk di bangku sekolah dasar, berhasil kabur setelah loncat dari lantai dua dan memberitahukan kejadian itu ke warga setempat. Kabar lainnya, Aidil adalah suami ketiga korban. Suami pertama korban sudah meninggal dunia, sedangkan suami kedua cerai.*(C-004)

Shares: