News

Ini 3 Syarat dan Cara Dapat Listrik Gratis dari Jokowi

JAKARTA (popularitas.com) – Beberapa orang mengalami ekonomi sulit di tengah pandemi corona. Pemerintah pun memberikan keringanan untuk biaya jasa listrik selama 3 bulan ke depan. Sayangnya, listrik gratis ini tidak bisa dinikmati secara cuma-cuma oleh seluruh masyarakat.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, “Pemerintah akan memberikan keringanan sejumlah penggunaan maksimum KWh selama tiga bulan belakang. Untuk golongan 450 VA, mulai April, Mei hingga Juni akan mendapat listrik gratis sebesar jumlah penggunaan maksimum di tiga bulan sebelumnya dari Januari ke Maret.”

Berikut syarat dan cara mendapatkan listrik gratis dari pemerintah:

  1. Golongan Tertentu

Listrik gratis yang diberikan pemerintah hanya untuk golongan pelanggan dengan kapasitas daya listrik sebesar 450 Volt Ampere (VA). Data PT PLN (Persero) mencatat ada sekitar 24 juta pelanggan listrik 450 VA yang merupakan masyarakat golongan menengah ke bawah.

  1. Subsidi 50 Persen

Selain daya listrik 450 VA, untuk daya 900 VA diberikan subsidi diskon sebesar 50 persen. PT PLN mencatat, pelanggan dengan daya 900 VA ada sekitar 7 juta.

  1. Berlaku 3 bulan

Fasilitas listrik gratis bagi pelanggan 450 VA dan subsidi 50 persen untuk daya 900 VA berlaku selama tiga bulan. Mulai dari April, Mei dan Juni 2020.

Lalu bagaimana yang menggunakan listrik token?

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan, “Untuk prabayar golongan 450, atau yang beli token, itu diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan. Kami dan PLN, sudah punya profile-nya pelanggan dan mereka ketahuan beli maksimumnya dalam 3 bulan terakhir itu berapa,” kata Rida melalui video conference kepada wartawan, Rabu (1/4).

Sementara itu untuk pelanggan golongan 900 VA, pemerintah tetap menggunakan angka pembelian listrik maksimum selama tiga bulan sebelumnya. Nantinya, setengah jumlah listrik dari angka tersebut akan digratiskan.

Sumber: detik

Shares: