Hutama Karya Kebut Pembangunan Ruas Tol Sigli-Banda Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – PT Hutama Karya (Persero) mengaku pembangunan ruas tol Sumatera bagian atas yaitu Sigli-Banda Aceh masih dalam tahap pembebasan lahan.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan ruas tol sepanjang 74 km tersebut juga masih dalam tahap pembangunan konstruksi, dengan target penyelesaian akhir 2019.

“Pembebasan lahan di Seksi 4 sepanjang 13,5 km ruas Indrapuri-Blang Bintang sendiri, hampir tuntas, sehingga konstruksinya ditargetkan selesai pada akhir tahun 2019 ini,” ujarnya seperti dikutip keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin, Desember 2019.

Tak hanya menggenjot pembangunan ruas tol ini, dua ruas tol lainnya yaitu Pekanbaru-Dumai, Padang-Pekanbaru juga terus dilakukan. Ruas tol Pekanbaru-Dumai misalnya, ditargetkan rampung pada Maret 2020.

Sementara untuk ruas tol Padang-Pekanbaru sepanjang 255 km bisa mulai konstruksi penuh tahun depan. “Saat ini dalam tahap pembebasan lahan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189km, telah diresmikan dan menambah panjang daftar ruas tol Trans Sumatera yang beroperasi.

Menyambung dari ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan Panjang 140 km, Lampung hingga Kayu Agung, Palembang kini dapat ditempuh dalam waktu rata-rata 4-5 jam saja.

Tidak hanya fokus pembangunan konstruksi di selatan pulau Andalas, Sumatera, Hutama Karya juga terus membangun ruas-ruas prioritas lainnya, sehingga nantinya pada 2024, Lampung hingga Aceh sepanjang 2.765km yang terdiri dari 24 ruas dapat tersambung dan beroperasi dengan penuh.

Sumber: CNBC

Get real time updates directly on you device, subscribe now.