News

Hukum mandi sebelum sholat jumat

Mandi sebelum sholat jumat hukumnya sunnah. Sebab itu seorang muslim dianjurkan untuk membersihkan badan terlebih dahulu sebelum berangkat ke Masjid untuk menunaikan ibadah wajib tersebut.
Mandi di hari Jumat, apa hukumnya
Ilustrasi mandi. FOTO : okezone

POPULARITAS.COM – Mandi sebelum sholat jumat hukumnya sunnah. Sebab itu seorang muslim dianjurkan untuk membersihkan badan terlebih dahulu sebelum berangkat ke Masjid untuk menunaikan ibadah wajib tersebut.

Sholat jumat sendiri, hukumnya wajib bagi setiap laki-laki muslim, sebagai mana firman Allah dalam Alquran, 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ 

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al Jumuah: 9) 

Nah, lantas karena hukum mandi sebelum sholat jumat adalah sunnah, sebagaimana terdapat dalam hadis riwayat bukhari

 عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ Artinya: 

Dari Abdullah bin Umar radliallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Jika salah seorang kalian mendatangi shalat jumat hendaklah ia mandi.” (HR. Bukhari) [ No. 877 Fathul Bari] Shahih. 

Hukum mandi Jumat Mayoritas ulama menyatakan bahwa hukum mandi besar di hari jumat adalah sunnah, tidak sampai pada derajat wajib. Di antara ulama yang menyatakan hal demikian adalah Alaudin Al-Hashkafi (w. 1088 H). 

Dalam kitab Ad-Dur al-Mukhtar, beliau mengatakan, “Disunnahkan mandi besar untuk menunaikan shalat Jumat”. Selain itu, Az-Zurqani (w. 1099 H). Beliau juga menjelaskan dalam kitabnya yang menjadi syarh dari kitab Mukhtashar Khalil, bahwa hukum mandi besar adalah sunnah. 

”Sunnah muakkadah untuk mandi besar bagi orang yang mau mengerjakan shalat jumat pada siang hari (setelah terbit fajar), dan tidak dibenarkan sebelum terbit fajar untuk meniatkannya”.

Tata cara mandi sunnah sebelum sholat jumat seperti mandi biasa, yakni berniat dalam hati, dan kemudian mengguyur air keseluruh badan, membersihkan badan dengan sabun, membasahi seluruh rambut, dan membersihkan area-area lainnya.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: