Hindari Calo, Tes CPNS 2021 Pakai Verifikasi Wajah

POPULARITAS.COM – Kepala Kantor Regional V BKN, Julia Leli Kurniatri menyampaikan, ada yang berbeda dengan pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Yaitu, mengalami kemajuan dengan menggunakan verifikasi wajah melalui web kamera.

“Jadi verifikasi wajah melalui web kamera, dilakukan di awal registrasi, dan di saat masuk di akun tes para peserta,” kata Julia Leli Kurniatri seperti dilansir laman Antara, Rabu (15/9/2021).

Ia mengatakan, verifikasi wajah melalui web kamera tersebut guna memastikan bahwa yang melaksanakan ujian CPNS ini benar-benar peserta sesuai dengan identitas yang mengikuti tes.

Atas hal tersebut, Julia pun, mengapresiasi Itera yang mampu memenuhi kebutuhan tes, termasuk perangkat verifikasi wajah, dan menyediakan web kamera aktif di seluruh komputer peserta.

“Jadi yang benar-benar bisa masuk ruangan dan mengikuti tes ini adalah mereka yang telah terverifikasi melalui web kamera tersebut,” kata dia.

Terkait protokol kesehatan (prokes) pada pelaksanaan tes CPNS di Itera ia pun menilai semuanya sudah sangat sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Semua sudah sesuai mulai dari akses masuk lokasi tes dan kemudahan peserta mendapatkan akses informasi melalui media,” kata dia.

Bahkan, lanjut dia, pihak penyelenggara telah menyediakan ruangan khusus untuk peserta dengan suhu di atas 37,3 derajat, dan apabila ada yang positif namun diketahui sebelum tes akan dijadwalkan ulang.

“Nah untuk kan yang sudah hadir di lokasi dan diketahui positif COVID-19 mereka akan mengikuti tes di ruang terbuka yang telah disediakan,” katanya.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Itera, Sukrasno menyampaikan bahwa pihaknya berupaya menyediakan sarana tes yang terbaik dan sesuai standar yang telah ditentukan.

“Tentunya hal ini pun menjadi bagian peran Itera sebagai perguruan tinggi bidang teknologi yang terus mendukung program pemerintah, baik provinsi maupun nasional, termasuk penyelenggaraan tes CPNS dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT),” kata dia.

Sebelumnya, Itera telah menyiapkan 400 unit komputer utama, dan 40 komputer cadangan dalam pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS, seluruh komputer dengan kualifikasi di atas standar yang ditetapkan BKN tersebut tersebar di tujuh ruangan yang dipusatkan di Gedung Laboratorium Teknik 3 Itera.

Comments
Loading...