Teknologi

Hat-Trick Ronaldo membawa Real Madrid ke Semifinal

Banda Aceh – Cristiano Ronaldo mengunci kemenangan 4-2 Real Madrid atas Bayern Munich di leg kedua perempat-final Liga Champions, Rabu (19/4) dini hari WIB. Los Blancos memastikan tiket lolos lewat agregat 6-3 setelah melakoni pertandingan sengit hingga babak tambahan.

Zinedine Zidane menerapkan formasi 4-4-2 berlian dalam pertandingan ini. Gareth Bale yang absen digantikan oleh Isco, sementara Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema jadi ujung tombak. Di sudut sebaliknya, Carlo Ancelotti menempatkan Robert Lewandowski sebagai striker tunggal dan Mats Hummels menggantikan Javi Martinez yang dikartu merah.

Pertandingan sengit langsung tercipta sejak peluit tanda mulai dibunyikan. Dua klub ambisius ini sama-sama melakukan pressing agresif ketika tak membawa bola. Begitu mendapatkan bola, serangan cepat langsung dilancarkan. Bayern bahkan nyaris mencetak gol lewat Lewandowski, tapi tembakan jarak dekat sang striker mampu diblokir oleh Marcelo.

Peluang emas yang sama apiknya turut dilancarkan oleh Real Madrid. Isco beraksi di sayap kanan, lalu melepaskan umpan silang. Manuel Neuer berhasil meninju bola, tapi pantulannya justru jatuh ke hadapan Sergio Ramos. Bek senior itu langsung menendan bola keras-keras ke arah gawang. Sayang, Jerome Boateng membuang bola tepat sebelum melewati garis gawang.

Setengah jam berlalu, Los Blancos mulai mendapatkan irama permainannya. Luka Modric dan Isco rajin berkreasi untuk menciptakan peluang. Dua peluang terbaik berhasil mendarat ke kaki Ronaldo dan Toni Kroos tak lama jelang jeda. Malang bagi Madrid, lini belakang Bayern kembali melakukan penyelamatan krusial dari tembakan keduanya.

Memasuki paruh kedua, pertandingan masih berlangsung ketat. Isco menggertak Neuer dengan sepakan jarak jauh yang meleset tipis. Gertakan itu dibalas oleh Robben, yang melakukan cut-inside andalannya, dengan sepakan kaki kir. Adapun spekulasi sang winger Belanda mampu diantisipasi oleh Marcelo.

Pecah telur akhirnya tak tertahankan lagi di menit ke-51. Casemiro melakukan pelanggaran fatal terhadap Robben di kotak penalty. Wasit tanpa ragu menunjuk titik putih dan memberi kartu kuning untuknya. Lewandowski, yang ditunjuk jadi algojo penalty, sukses memperdaya Keylor Navas untuk membawa Bavarians unggul di Bernabeu.

Situasi tersebut memaksa Zidane untuk melakukan pergantian pemain. Benzema dan Isco ditarik keluar, sementara Marco Asensio dan Lucas Vazquez masuk lapangan. Tak lama setelah keduanya masuk, Madrid berhasil menyamakan kedudukan. Ronaldo lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor setelah menanduk umpan terobosan Casemiro.

terbuai oleh gol Ronaldo, Madrid lengah dalam bertahan. Kerja sama antara Lewandowski dan Thomas Muller membuat Sergio Ramos kelabakan. Berniat membuang bola, sang bek Spanyol malah mengarahkan si kulit bundar ke gawangnya sendiri. Navas gagal mengantisipasinya sehingga gol kedua pun tak tertahankan. Bayern kembali unggul dua menit setelah gol Ronaldo.

Peruntungan Bayern berubah dalam sekejap. Kendati berada di atas angin, raksasa Jerman itu malah ketiban sial. Arturo Vidal dinilai melakukan pelanggaran terhadap Asensio sehingga wasit terpaksa mengeluarkan kartu kuning kedua dari sakunya. Bayern sekali lagi bermain dengan sepuluh orang di perempat-final Liga Champions, hal yang merugikan seiring laga berlanjut ke babak ekstra.

 

Tempo permainan tak berkurang sedikit pun begitu laga memasuki babak tambahan. Transaksi sernagan terus terjadi. Bayern memang bermain lebih defensif, tapi serangan balik mereka tetap mematikan. Madrid yang unggul jumlah pemain juga tak ingin kehilangan kesempatan dan terus menggempur pertahanan Neuer.

Di tengah ketatnya persaingan, akhirnya Ronaldo tampil sebagai penyelamat. Bintang Portugal itu mengontrol umpan lambung dengan dadanya, kemudian melepas sepakan ke sudut kiri gawang Neuer. Wasit menyahihkan gol tersebut, namun tayangan ulang menunjukkan Ronaldo ada dalam posisi off-side. Kontroversial.

Persaingan ketat tak lagi terjadi setelah gol Ronaldo tadi tercipta. Eks bintang Manchester United itu bahkan menambah koleksi golnya di babak tambahan kedua. Kali ini aksinya berawal dari dribel manis Marcelo yang melewati deretan pemain Bayern. Tak egois, pemain Brasil itu meneruskan bola pada Ronaldo, yang dengan mudah menggelindingkannya ke gawang Neuer.

Marco Asensio menggenapi pesta Los Blancos di babak tambahan. Gelandang muda Spanyol itu mencetak gol keempat timnya malam ini. Bayern butuh tiga gol untuk membalikkan keadaan, namun semangat mereka tampak sudah padam di pengujung laga. Keunggulan 4-2 Madrid bertahan hingga bubaran dan laskar Zidane lolos ke semi-final dengan agregat 6-3. (sumber : goal.com)

Shares: